5 Tips Sebelum Kamu Menggunakan Bike Sharing di Monas

Mulai Jumat, 27 Juli lalu, wisatawan yang berkunjung ke Monumen Nasional Jakarta (Monas) sekarang bisa berkeliling di sekitar landmark kota dengan bersepeda menggunakan platform ‘bike sharing’ yang disediakan oleh perusahaan aplikasi digital, Surya Teknologi Perkasa secara gratis. Tercatat, ada 100 sepeda yang tersebar di tujuh titik di wilayah Monas. Pengguna harus mengunduh aplikasi bernama GOWES yang tersedia untuk smartphone iOS dan Android.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba sensasi tersebut, berikut Bakpia Mutiara Jogja berikan tips sebelum mencobanya.

1. Shelter yang paling mudah diakses

Tidak semua shelter sepeda harus melalui aplikasi, itulah mengapa kami merekomendasikanmu untuk memasuki Monas dari Gerbang Baratnya melintasi patung kuda di Jalan Medan Merdeka Barat. Ada puluhan sepeda yang diparkir di shelter ini dibandingkan dengan shelter sepeda lainnya.

2. Baca instruksi

Kamu disarankan untuk membaca seluruh instruksi menggunakan sepeda yang tersedia di setiap shelter sepeda, mengingat tidak ada operator yang berjaga di shelter.

3. Memiliki sinyal telepon yang kuat

Karena sepeda terhubung ke sistem online, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang kuat karena ternyata ada beberapa turis yang gagal mengakses aplikasi ‘bike sharing’ melalui ponsel cerdas mereka.

4. Memiliki kamera telpon yang layak

Untuk meminjam sepeda gratis, kamu perlu memindai kode batang melalui aplikasi. Langkah ini mengharuskanmu untuk memiliki kamera telpon yang bagus. Sebab, ada beberapa turis dengan kamera smartphone yang kurang berkualitas gagal memindai barcode yang disediakan. Selain itu, jangan berhenti pada satu kesempatan jika kamu tidak berhasil memindai kode batang sepeda, jika tidak berhasil pindah ke sepeda lain dan coba lagi, tetapi kamu harus memulai ulang aplikasi sebelum memindai sepeda lain.

5. Kunjungan siang hari

Untuk mendapatkan pengalaman bersepeda yang baik di sekitar Monas, cobalah untuk berkunjung mulai pukul 09:00 atau lebih lambat pada hari itu sekitar pukul 16:00 WIB karena panasnya Jakarta tidak akan menghambatmu untuk tetap bersepeda. Selain itu, karena lebar Monas 80 hektar, jangan lupa untuk membawa botol air minum untuk menghindari dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *