5 Resep Enak dan Sehat dari Kurma Untuk Berbuka Puasa - Bakpia Mutiara Jogja

5 Resep Enak dan Sehat dari Kurma Untuk Berbuka Puasa

Mengkonsumsi kurma untuk berbuka puasa di bulan suci Ramadhan ini adalah bagian dari Sunnah, yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad. Selain memakan buah yang manis dan berwarna gelap tersebut, kamu dapat mengolahnya ke berbagai hidangan atau minuman tanpa mengurangi nutrisi. Kaya akan berbagai nutrisi, serat, dan antioksidan, beberapa jenis memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, sementara yang lain memiliki serat yang tebal. Berikut adalah lima menu kreasi lezat yang terbuat dari kurma yang bisa kamu coba untuk hidangan buka puasa:
 

1. Smoothie

 
Campurkan kurma, susu, dan pisang menggunakan blender. Smoothie ini tidak membutuhkan pemanis karena buahnya sudah tinggi gula, tetapi kamu bisa menambahkan oatmeal sesuai keinginan.
 

2. Kacang Mete Choco

 
Resep ini memadukan rasa manis kurma, cokelat, dan rasa kacang mete. Pertama, panggang kacang dan celupkan ke dalam cokelat leleh, lalu biarkan sampai keras. Kedua, potong kurma dan lepaskan biji untuk menggantikannya dengan kacang mete yang dibungkus cokelat.
 

3. Kue

 
Jika kamu bosan makan kue biasa, resep ini mungkin merupakan alternatif segar. Hal pertama giling daging kurma dengan susu dan gula. Kemudian buat adonan dari tepung, telur, dan baking powder, dan campur dengan kurma. Sebelum memanggangnya, kamu bisa menambahkan kurma sebagai topping.
 

4. Puding

 
Puding manis jenis ini terbuat dari kurma tumbuk, susu, gula (jika perlu), dan bubuk gelatin. Camourkan jadi satu dalam wadah di atas kompor sampai mendidih dan tuangkan ke dalam mangkuk atau cetakan. Lalu biarkan sampai dingin.
 

5. Es Serut

 
Ambil sepuluh potong kurma dan beberapa potong melon. Lalu letakkan buah-buahan di atas es serut. Kamu bisa memecahkan balok es menggunakan blender atau mesin es serut jika memilikinya. Tuang susu kental atau sirup dan nikmati.