4 Manfaat Timun Suri Untuk Berbuka Puasa - Bakpia Mutiara Jogja

4 Manfaat Timun Suri Untuk Berbuka Puasa

Timun Suri atau timun kuning adalah salah satu menu umum untuk berbuka puasa selama bulan Ramadhan di Indonesia. Buah ini dapat ditemukan hampir di setiap warung atau pedagang kaki lima. Timun suri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh selama ramadhan. Seperti yang disebutkan dari Health Line dan Natural Food Series, berikut adalah beberapa manfaatnya:
 

Mengurangi risiko penyakit kronis

Mentimun kuning kaya akan antioksidan. Zat ini bermanfaat untuk menghambat oksidasi yang menghasilkan radikal bebas, penyebab utama kanker, penyakit jantung, penyakit paru-paru, dan penyakit autoimun.
 

Membantu menurunkan berat badan

Timun suri mengandung 96 persen air dan rendah kalori. Kadar air yang tinggi khususnya akan membantu mencegah Anda dari rasa lapar yang menggangu. Apalagi secangkir mentimun (104 gram) hanya mengandung 16 kalori.
 

Bagus untuk hati

Kandungan kalium dalam mentimun kuning memainkan peran penting dalam mengendalikan tekanan darah dan menjaga sistem saraf, serta kontraksi otot dan fungsi jantung. Ini juga tinggi serat yang membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan jantung yang tersumbat.
 

Bagus untuk matamu

Vitamin E dalam timun suri bermanfaat untuk kesehatan mata Anda. Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika Serikat, vitamin ini dapat meningkatkan penglihatan dan mencegah Anda dari katarak. Ini juga membantu untuk merawat hiperpigmentasi seperti lingkaran hitam di sekitar mata.
 
Mengkonsumsi timun suri untuk berbuka puasa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda, terutama selama Ramadhan tahun ini yang jatuh di musim kemarau, karena membantu memenuhi asupan air.