Ziarah Makam Sunan Pandanaran

makam sunan tembayat

Ziarah Makam Sunan Pandanaran

Ziarah Makan Sunan Pandanaran, Sunan Pandanaran atau yang juga disebut dengan Sunan Tembayat ini merupakan salah satu Tokoh penyebar Agama Islam di Jawa, khususnya di Klaten dan sekitarnya. Beliau ini hidup se-jaman dengan Walisongo tapi memang bukanlah salah satu dari 9 wali tersebut.

Ada banyak versi cerita tentang Sunan Pandanaran. Banyak yang mempercayai bahwa beliau bernama asli  Pangeran Mangkubumi  dan karena tinggal di Bayat kemudian meninggal kemakamkan di Bayat. Maka dari itu sering dipanggil dengan nama Sunan Tembayat.

Di Bayat sendiri makam Sunan Pandanarang terletak diperbukitan Jabalkat Desa Paseban. Hingga sekarang Komplek pemakaman tersebuit banyak dikunjungi untuk Wisata Religi Ziarah Makam Sunan pandanaran masyarakat dari seluruh penjuru tanah air. Disebut-sebut di Semarang, ada juga Makam Pandanaran letaknya berada tak jauh dari Jalan Pandanaran.

Namun cerita yang masuk akal menerangkan bahwa itu sesungguhnya Makam Harya Madya Pandan (Sunan Pandanaran I). Beliau adalah ayahanda dari Sunan Tembayat (Sunan Pandanaran II). Jadi itu bukanlah orang yang sama dengan yang dimakamkan di Bayat.

Letaknya yang berada di ketinggian sekitar 860 mdpl maka dari itu untuk bisa Ziarah Makam Sunan Pandanaran mencapai lokasi nya para pengunjung harus menaiki anak tangga yang cukup melelahkan dari tempat parkir kendaraan. Namun untuk para p[engunjung yang tidak mau untuk bercapek ria menuju lokasi ada juga jasa ojek yang siap mengantar dengan melewati jalan di sisi timur Bukit Jabalkat melewati jalan tengah desa.

Komplek Makam Sunan Pandanaran atau Sunan Tembayat ini terdiri dari 6 halaman yang dipisahkan dengan tembok keliling yang dihubungkan dengan pintu masuk khusus. Temapat Makam Sunan Pandanaran ini terletak di sebuah cangkup atau bangunan tertutup yang cukup luas terletak di halaman terakhir yang merupakan paling puncak. Gimana ?? Tertarik untuk Ziarah Makam Sunan Pandanaran???

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *