Wisata Telaga Namberan

telaga namberan 1

Wisata Telaga Namberan

Wisata Telaga Namberan, Telaga ini berada di dusun Karangasem Paliyan, merupakan salah satu telaga yang ada di Gunungkidul di antara ratusan telaga yang ada. Telaga Namberan tersebut berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Paliyan dengan Saptosari dan Panggang. Telaga yang dikelilingi dengan pohon beringin yang sangat besar di sebelah Timurnya serta hutan jati di bagian Selatannya ini dulunya merupakan tempat mencukupi kebutuhan air bagi para penduduk Trowono.

Meskipun Telaga Namberan ini termasuk Telaga buatan, namun hal ini tidak mengurangi keindahan dari Telaga Namberan sendiri. Dengan luas sekitar 600 meter persegi, telaga ini menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis. Selain deburan air yang menghanyutkan, tampilan telaga semakin cantik dengan adanya tiga pohon Beringin besar yang tumbuh di seputaran telaga. Perpaduan keteduhan serta air ini tentunya memberikan sensasi yang cukup berbeda.

Wisata Telaga Namberan memang memiliki potensi yang cukup tinggi untuk berkembang sebagai salah satu destinasi wisata di Gunungkidul, Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan secara letak dan lokasi telaga ini berada tak jauh dari JJLS yang merupakan salah satu jalur utama untuk menuju ke kawasan wisata pantai selatan Gunungkidul. Wisata Telaga Namberan ini juga tidak jauh dari pusat kota Wonosari. Hal ini yang membuat Wisata Telaga Namberan bisa dijadikan salah satu objek wisata alternatif untuk para wisatawan yang ingin merasakan suasana yang berbeda dalam berlibur di Yogyakarta khususnya di Gunungkidul.

Dalam sambutan peresmian wisata ini, Bupati menjanjikan akan terus memberikan fasilitas pendukung ke Telaga Namberan. Salah satunya adalah wahana permainan flying fox. Menurut Bupati, adanya wahana permainan semacam ini akan menarik minat para wisatawan baik dari dalam Gunungkidul maupun luar Gunungkidul.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *