Wisata Pulau Cemeti

pulau cemeti

Wisata Pulau Cemeti

Wisata Pulau Cemeti, satu lagi destinasi wisata sejarah yang masih termasuk dalam komplek Tamansari adalah Pulau Cemeti. Jejak kemegahan bangunannya pun masih dapat kita jumpai sampai saat ini. Lokasi pulau Cemeti ini sendiri terletak disebelah utara Tamansari atau di sebelah selatan Pasar Ngasem. Bangunan di pulau Cemeti yang menjulang tinggi dan menghadap ke utara yaitu menghadap gunung Merapi.

Asal mula dinamakan pulau Cemeti karena pada jaman dahulu kala tempat disekitar bangunan ini merupakan danau jadi saat Sultan dan keluarga kraton lainnya hendak ingin ketempat ini harus menggunakan perahu. Namun untuk saat ini area yang dulunya digenangi air sekarang telah berubah menjadi kawasan pemukiman warga. Wisata Pulau Cemeti ini dahulu dibangun sebagai tempat peristirahatan Sultan dan keluarga dan sekaligus sebagai tempat pengintaian karena memang tempatnya yang berdiri menjulang tinggi.

Jika berjalan mengelilingi bangunan ini maka anda akan merasakan suasana masa lalu dengan bayangan keindahannya. Sayang ketika Jogja mengalami gempa bumi pada tahun 2006 komplek Wisata Pulau Cemeti ini mengalami retak dan rusak dibeberapa bagian sehingga setelah itu pihak terkait melakukan renovasi dibagian yang rusak tersebut dengan mempertahankan bentuk keaslian yang dilestarikan. Ketika anda bisa sampai di bagian atas bangunan ini maka angin sepoi-sepoi akan menerpa wajah anda dan disana anda juga bisa melihat kota Jogja secara luas juga andadapat melihat gagahnya gunung Merapi yang tegak berdiri. Karena keindahan yang memang terkenal maka pulau Cemeti ini banyak digunakan oleh pasangan calon pengantin mengadakan foto prewedding di tempat ini.

Tertarik untuk mengunjungi Wisata Pulau Cemeti ini??? Nah itu dia keindahan Jogjakarta yang memiliki daya tarik tersendiri. Jogja ga cuma punya wisata kuliner yah guys tapi juga wisata sejarahnya…

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *