Wisata Pucak Suroloyo Samigaluh

puncak suroloyo samigaluh

Wisata Pucak Suroloyo Samigaluh

Wisata Pucak Suroloyo Samigaluh, wisata yang satu ini berada tepat di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Samigaluh sendiri merupakan daerah penghasil cengkeh terkenal di Daerarah istimewa Yogyakarta. Sebagian besar penduduk di Samigaluh ini berprofesi sebagai Petani. Daerah yang mempunyai ketinggian di atas 500m dpl  ini mempunyai hawa yang cukup dingin,terutama di Puncak Suralaya (Puncak Soroloyo).

Puncak Suroloyo sendiri merupakan bukit tertinggi di Pegunungan Menoreh, Kulonprogo. Memiliki pemandangan yang indah, tempat ini ternyata juga menyimpan berbagai cerita dan mitos yang cukup kuat. Jadi tak heran jika suasana mistis sangat terasa jika kita berada di Wisata Pucak Suroloyo Samigaluh.

Memiliki kemiripan dengan kisah Gunung Tidar yang diyakini sebagai pakuning tanah Jawa, sedangkan Puncak Suroloyo sendiri diyakini sebagai pusat atau titik tengah pulau Jawa. Keyakinan ini berdasarkan garis imaginer pulau Jawa ini. Namun dibalik mitos yang ada Wisata Pucak Suroloyo Samigaluh ini memiliki pemandangan yang menyegarkan.

Tak ketinggalan perbukitan menoreh pun bisa kita nikmati dari Puncak Suroloyo. Kelok puncak perbukitan Menoreh yang tak jarang diselimuti oleh kabut tipis akan membuat kita melayang bagaikan di kahyangan. Saat cuaca tengah cerah,  pagi hari kita bisa memandang empat gunung besar yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Dari Wisata Pucak Suroloyo Samigaluh ini pun puncak Candi Borobudur di Magelang juga bisa dilihat dengan jelas. Apabila kita membawa teropong, keindahan Candi Borobudur yang menawan bisa kita nikmati dari puncsk Suroloyo ini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *