Wisata Pemandian Candi Umbul

camdi umbul magelang

Wisata Pemandian Candi Umbul

Wisata Pemandian Candi Umbul, adalah salah satu situs purbakala yang berupa pemandian air panas dan terletak persis di Kabupaten Magelang, yang sudah ada sejak zaman Wangsa Syailendra dan hingga kini sisa peninggalan tersebut masih dijaga dan dilindungi sebagai salah satu tempat wisata favorit keluarga di Kapubaten Magelang.

Wisata Pemandian Candi Umbul ini memiliki keunikan yaitu adanya sejumlah batuan situs berjejer rapi di tepian kolam yang menggambarkan berbagai relief binatang dan tumbuhan, terdapat juga stupa di bagian puncak candi. Keberadaan pondasi yang berada di sudut dasar kolam berperan sebagai tiang penyangga maupun tiang pelindung.

Dan batuan lainnya berbentuk lingga datang merupakan alas duduk yang berfungsi untuk bersemadi para ksatria. Bila dilihat dari relief serta beberapa petilasan berbentuk lingga dan yoni di titik-titik tertentu, hal ini membuktikan jika Candi Umbul ini merupakan candi yang bercorak Hindu.

Yang lebih unik di Wisata Pemandian Candi Umbul, wisata ini merupakan tempat pemandian air panas namun berbeda dengan sumber air panas lainya yang berbau sulfur, disini tidak sama sekali memiliki bau seperti itu. Namun, kandungan belerang yang ada di kawasan Wisata Pemandian Candi Umbul ini masih bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit, suhu airnyapun dapat digunakan untuk terapi tulang, dan membantu melancarkan peredaran darah.

Jangan lewatkan kalau lagi berlibur ke Jogja terutama di Magelang untuk mampir ke Wisata Pemandian Candi Umbul ini, harga tiket yang cukup terjangkau menjadikan kawasan wisata ini banyak didatangi oleh para wisatawan Jogja.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *