Wisata Pantai Siung

pantai siung

Wisata Pantai Siung

Wisata Pantai Siung, pantai ini terletak di Kecamatan Tepus atau 100 kilometer dari Kota Yogyakarta. Meskipun pantai ini tidak se-terkenal pantai-pantai di pesisir selatan Gunung Kidul, namun pantai ini menjadi salah satu kawasan yang wajib dikunjungi para pecinta panjat tebing.

Pantai Siung ini menawarkan tempat pemanjatan tebing yang menantang dan pesona pemandangan laut yang menawan. Banyak para pemanjat tebing baik dari dalam hingga luar negri yang berkunjung ke sini untuk mencoba menahklukan tebing yang ada di Pantai siung.

Berbagai aktifitas bisa dilakukan di Pantai Siung karena pantai ini cukup luas untuk sekedar bermain pasir, bermain ombak, memancing dan bermain voli pantai. Kondisi pantai yang cenderung sepi, sehingga sangat nyaman dan tenang untuk berlibur.

Yang menonjol pada pantai ini adalah batu karang yang berukuran raksasa di sisi timur dan barat yang memiliki peran penting yaitu sebagai pembatas dengan pantai lain. Karang tersebut juga menjadi dasar penamaan dari pantai ini. Diambil dari bentuk batu tersebut yang menyerupai bentuk gigi kera atau siung wanara.

Berpadu dengan ombak yang selalu menerpa, pemandangan laut dan batu karang ini seolah-olah menjadi dramastis. Keindahan batu karang mulai berperan ketika pada tahun sekitar 1989 pantai ini kedatangan group pecinta alam dari Jepang untuk memanfaatkan tebing menjadi arena panjat tebing.

Lalu pada tahun 2005 Pemda DIY telah meresmikan kawasan Pantai Siung sebagai area minat khusus panjat tebing. Dikawasan Pantai Siung terdapat sekitar 250 jalur untuk panjat tebing dengan tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda-beda. banyak orang mengatakan pantai ini sebagai The Best Rock Climbing Site In Yogyakarta

Selain panjat tebing di Pantai Siung ini kamu bisa menginap bersama teman-teman dengan mendirikan tenda  di camping ground yang berada di sebelah timur pantai. Jika cuaca s3edang cerah kamu bisa tidur dengan beratapkan gemerlap bintang-bintang dilangit.

Ada juga pilihan lain selain untuk mendirikan tenda, terdapat sebuah rumah panggung yang berada tak hjauh dari lokasi camping ground, bviasanya rumah panggung ini dijadikan tempat base camp . Dari rumah kayu ini kamu bisa melihat secara lebih luas eksotisme karang yang berpadu dengan deburan ombak.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *