Wisata Pantai Sadeng Yogyakarta

pantai sadeng yk

Wisata Pantai Sadeng Yogyakarta

Wisata Pantai Sadeng Yogyakarta, merupakan satu dari sekian banyak jajaran pantai – pantai cantik di Yogyakarta. Yang menjadikan Pantai Sadeng ini berbeda dengan pantai lain adalah sejarahnya yang unik. Selain menjadi tujuan destinasi yang menawarkan keindahan suasana pantai yang mengagumkan, pantai ini dipercaya merupakan muara Sungai Bengawan Solo Purba yang pernah mengalir ke arah selatan pada zaman dahulu. Disebutkan juga bahwa bukti – bukti geologisnya masih bisa ditemukan hingga saat ini. Memang dari bukti yang bisa terlihat, sungai Bengawan Solo Purba yang mengalir tenang di utara jawa pernah bermuara di Pantai Sadeng.

Ada banyak hal yang bisa dinikmati bahkan sebelum sampai di Pantai Sadeng. Selama perjalanan menuju ke pantai ini kalian bisa menikmati keindahan Telaga Suling, yang diyakini sebagai sisa aliran Bengawan Solo Purba. Jalur aliran sisa Bengawan Solo Purba ini bisa terlihat setelah memasuki Ibukota kecamatan Girisubo.

Pantai Sadeng sendiri bukan hanya destinasi wisata yang menyenangkan di Yogyakarta, namun juga menjadi penggerak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Sebagian pantai ini memang dimanfaatkan sebagai salah satu pelabuhan perikanan di Yogyakarta. Yang lebih menariknya lagi, ini merupakan salah satu pelabuhan ikan yang paling maju di Yogyakarta. Lebih dikenal dengan nama Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI ). Aktifitas yang terlihat sehari – hari di pelabuhan ini begitu hidup. Di tempat ini akan banyak terlihat perahu motor berukuran besar, rumah pondokan, pelelangan ikan dan koperasi, hingga terminal pengisian bahan bakar untuk Kapal-kapal Nelayan.

Selain itu Pantai Sadeng merupakan pantai yang sangat asyik digunakan untuk memancing. Ada berbagai jenis ikan yang bisa kalian jumpai di perairan Sadeng, mulai dari ikan kakap, tuna, hingga kerapu. Salah satu spot mancing yang asyik adalah di dermaga. Sembari duduk di dermaga, kalian bisa melemparkan kail dan menunggu ikan datang. Kalau ingin mendapatkan sensasi lebih, kalian bisa menyewa kapal dan memancing di tengah laut.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *