Wisata Pabrik Gula Gondang Winangoen

gondang winangoen

Wisata Pabrik Gula Gondang Winangoen

Wisata Pabrik Gula Gondang Winangoen.
Rekreasi dan Edukasi di Gondang Winangoen.

Berada diantara Kota Solo dan Jogja, Kota yang bersloglan “Klaten Bersinar” ini ternyata memiliki temp[at-tempat wisata yang banyak. Apabila berkunjung ke Klaten akan nampak satu bangunan bekas Pabrik Gula yang bernama Gondang Winangoen, letaknya yang berada dipinggir jalan raya Jogja-Solo tentu banyak orang yang melewati sudah tak asing dengan bangunan tersebut. Akan nampak pula pohon beringin yang rindang yang menandai lokasi ini.

Kenapa kok diberi nama Gondang Winangoen?? Karena  ternyata nama ini diambil dari kawedanan nama dari pabrik tersebut didirikan. Berdiri sejak awal abad ke 19 atau sekitar tahun 1860. Pabrik Gula Gondang Winangoen ini merupakan salah satu pabrik yang memproduksi gula dengan menggunakan mesin tradisional. Dengan menggunakan mesin uap yang dari masa revolusi industri bahkan sampai saat ini mesin tersebut masih ada.

Hingga saat ini sebenarnya Pabrik tersebut masih beroperasi. Yang membedakanyan hanya sekarang produksi gulanya lebih sedikit karena tebu yang di pabrik tersebut tidak banyak, biasanya akan dikembalikan oleh para petani yang menyetorkan tebu ke Pabrik Gula Gondang Winangoen.

Karena produksinya yang hanya sedikit maka administrartur dari pabrik gula berinisiatif untuk membuat wisata di Pabrik Gula dengan memberi nama Agrowisata Gondang Winangoen. Agrowisata ini menawarkan berbagai macam-macam wahanan dan objek menarik dengan nuansa historis yang dipadukan oleh unsur Rekreasi dan Edukasi. banyak wahana seperti water park, waterslide, flying fox dan masih banyak lainnya.

 

kereta gondang winangoen

kereta gondang winangoen

Selain Wisata tersebut, para wisatawan juga dapat mengelilingi area pabrik gula dengan menaiki Kereta api Loko Uap ataupun Loko Diesel. Dan disini pula terdapat Museum steam Loco yang didalamnya terdapat berbagai macam Kereta Kuno

Menarik bukan untuk mengunjungi wisata Gondang Winangoen ini, ajak keluargamu untuk berekreasi sembari menikmati wisata edukasi di Pabrik Gula Gondang Winangoen ini.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *