Wisata Malioboro

jl malioboro

Wisata Malioboro

Wisata Malioboro, merupakan tempat wisata menarik yang dimiliki kota Yogyakarta. Malioboro atau Jalan Malioboro berada dekat sekali dengan Keraton Yogyakarta yang disebut sebagai salah satu titik garis imajiner yang menghubungkan antara Pantai Parangtritis, Keraton Yogyakarta dan Gunung Merapi.

Jalan sepanjang 2,5 kilometer yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga kantor pos Yogyakarta ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan setiap harinya. Jalan ini dulunya hanyalah jalanan sepi dengan banysk pohon asem di tepinya dan digunakan oleh warga yang ingin ke Keraton, Benteng Vredeburg ataupun Pasar Beringharjo.

Asal muasal nama Maliboro ini sendiri mempunyai dua versi, yang pertama diambil dari bahasa sansekerta yang berarti Karangan Bunga dan yang ke dua yaitu dari nama bangsawan Inggris Marlborough yang tinggal di Yogyakarta pada tahun 1881-1886. Jalan yang paling populer di Yogyakarta ini selalu berhasil dalam menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi kota istimewa ini.

Menjadi semacam pusat oleh-oleh khas Yogyakarta, di sepanjang jalan para wisatawan dapat menemukan berbagai suvenir khas Jogja mulai dari batik, kaos, sandal, blangkon sampai makanan khas yaitu Bakpia Pathok dan Yangko. Terdapat deretan pedagang kaki lima yang menawarkan kuliner sederhana namun nikmat, salah satunya adalah Nasi Gudeg dan Es Dawet yang menawarkan rasa legit gula merah berpadu dengan gurihnya santan kelapa yang mampui melepas rasa dahaga akan panasnya terik saat berjalan-jalan. Sesekali sembari menikmati kulinernya akan datan pengamen yang menyanyikan lagu-lagu yang akan membuat anda semakin cinta pada kota Yogyakarta.

Selain itu, di sepanjang jalan Malioboro ini terdapat deretan tukang becak dan delman yang setia menunggu penggannya apabila ingin berkeliling Malioboro dengan tarif yang relatif terjangkau. Menjadikan suasana damai meskipun tengah riuh akan banyaknya wisatawan karena di sepanjang jalan diputar alunan gamelan jawa melalui kaset maupun dimainkan secara langsung oleh seniman jalanan Yogyakarta.

Di Malioro ini bukan hanya siang hari yang ramai, melainkan pada malam hari wisata ini pun ramai, budaya lesehan dan angkringan yang melekat pada kota cantik ini juga menjadi salah satu daya tariknya.

Jalan-jalan di Malioboro??? Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Jogja yaa…
Salah satu oleh-oleh yang terkenal di Jogja yaitu Bakpianya…
Jangan salah pilih membawa pulang untuk keluarga di rumah…
Mampir aja ke Bakpia Mutiara Jogja di Jl Dagen (-/+ 200 M)
Cari Bakpia Enak. Hemat dan Pantas ya cuman Bakpia Mutiara Jogja..

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *