Wisata Luweng Sampang

luweng sampang

Wisata Luweng Sampang

Wisata Luweng Sampang, tempat wisata yang satu ini disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon. Namun tempat wisata ini berada di Gunung Kidul, Yogyakarta yaitu bernama Air Terjun Luweng Sampang.Wisata ini sangatlah mempesona dimana batuan kapur disini seolah-olah seperti ukiran yang luar biasa.

Wisata Luweng Sampang ini menyuguhkan pemandangan bebatuan unik berupa batu kapur khas Gunung Kidul yang terkenal ditambah adanya aliran sungai yang membentuk air terjun kurang lebih 5 meter. Selain dapat digunakan untuk berfoto, disini dapat juga digunakan untuk bermain air dan sekedar duduk bersantai di atas bebatuan.

Air Terjun Luweng Sampang ini merupakan air terjun yang memiliki sebuah bentuk dan ornamen unik hasil dari pengikisan air sungai . Air Terjun tersebut tampak dari celah yang membelah batu sehingga membentuk gua/ luweng hal inilah yang kemudian menjadi dasar atas penamaan Air Terjun Luweng Sampang ini.

Wisata Air Terjun Luweng Sampang ini masih terbilang sangat alami dan asri karna memang belum terjamah banyak wisatawan dan belum terjamah pembangunan wisata. Wisata ini terletak di perbatasan antara Kecamatan Gantiwarno, Klaten dan Gedangsari, Gunung Kidul, tepatnya berada di Desa Sampang. Untuk sampai ke lokasi tersebut lebih mudah melewati jalan jogja-solo menuju arah Kecamatan Gantiwarno ke arah tenggara hingga sampai di Desa Sampang.

Luweng sampang ini memiliki kecantikan yang bisa berubah seiring dengan bergantinya musim, apabila sedang musim penghujan, debit air disini akan nampak banyak dan bewarna kecoklatan akan membuat cantik dikala musim itu, sedangakan saat musim kemarau tak kalah cantik dengan debit air yang hanya sedikit dengan jernih air yang akan membentuk sebuah kolam kecil dengan warna tosca.

Jadi gimana?? tertarik bukan untuk mengunjungi wisata unik ini…

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *