Wisata Lapas Benteng Ambarawa

benteng pendhem ambarawa-2

Wisata Lapas Benteng Ambarawa

Wisata Lapas Benteng Ambarawa, sering disebut juga dengan nama Benteng Willem 1 dan jugaBenteng Pendhem Ambarawa ini merupakan banghunan bersejarah peninggalan Belanda di Kabupaten Semarang. Dibangun pada tahun 1834 dan selesai pada tahun 1845. Bangunan ini berada tak jauh dari lokasi Museum Kereta Api Ambarawa di belakang RSUD Ambarawa.

Diebut Benteng Pendhem yang dalam bahasa jawa berarti dibawah tanah atau terkubur. Dimaksutkan dibangun secara terpendam adalah untuk siasat saat perang. Ambarawa sendiri merupakan sebuah kota di Semarang yang terkenal dengan kemacetanya dan juga wisata sejarahnya. Salah satunya ya Wisata Lapas Benteng Ambarawa, bangunan ini terbagi menjadi beberapa bagian salah satu bagian dari Benteng yang ditujukan untuk Wisatawan adalah ada sebuah gedung yang dijadikan pemukiman warga dan ada sebuah gedung yang dijadikan lapas.

Disini para wisatawan yang datang dapat berfoto dan berkeliling hingga puas karena bangunanya yang tidak membosankan, menjadikan wisata ini banyak diburu juga oleh pengunjung Semarang. Tak perlu khawatir jika Kalian lelah dan haus ataupun lapar, karna disekitar wisata Benteng Pendhem ini terdapat warung yang menjual makanan dan minuman.

Bagi Kalian yang beraga Islam juga gak perlu khawatir untuk beribadah, disini juga terdapat Masjid untuk beribadah. Terdapat sebuah selasar benteng yang terletak tepat di depan rumah penduduk lantai 2. Untuk menuju kesana para wisatawan harus menyebrangi jembatan kayu. Di jembatan ini pula biasa para wisatawan berfoto.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *