Wisata Istana Ratu Boko

ratu boko

Wisata Istana Ratu Boko

Wisata Istana Ratu Boko, wisata yang awalnya dikenal dengan sebutan Abhayagiri Vihara atau yang berarti Biara di bukit yang penuh kedamaian ini dibangun untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Istana Ratu Boko ini merupakan sebuah bangunan peninggalan, namun Istana Ratu Boko ini memiliki keunikan dibanding dengan peninggalan lain.

Jika pada umumnya berupa Candi atau Kuil, tetapi Istana Ratu Boko menunjukan ciri-ciri sebagai tempat tinggal dengan ditunjukan adanya bangunan berupa tiang dan atap yang terbuat dari bahan kayu, walaupun kini hanya tertinggal batur-batur dari batu saja.

Terletak di 196 meter diatas permukaan laut. Area istana ini begitub luas dan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu tengah, barat, tenggara dan timur. Di bagian tengah berdiri gapura utama, lapangan, candi pembakaran, kolam, batu berumpak dan paseban. Di bagian tenggara terdapat pendopo, balai-balai, 3 candi, kolam dan komplek keputren. Di bagian timur ada gua, stupa Budha, di timur berupa kolam-kolam dan Barat hanya terdiri atas perbukitan.

Istana Ratu Boko sendiri sangat terkenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati matahari tenggelam atau sunset di Jogja saat cuaca tengah cerah, lokasi yang berada di perbukitan dengan berlatar belakang Gunung Merapi yang berdiri dengan gagahnya ditambah dengan pemandangan kota Yogyakarta serta Candi Prambanan tentu saja menambah keelokan mata memandang.

Saat yang tepat untuk mengunjungi Istana Ratu Boko adalah pada sore hari saat panas matahari tak begitu terik. banyak para pengunjung yang memilih mengunjungi pada saat sore hari sembari menunggu matahari tenggelam bisa juga merasakan semilirnya angin di Istana Ratu Boko ini. Karna tempatnya yang berada di atas bukit jadi tak heran kalau angin atau udara di Istana Ratu Boko ini sangatlah sejuk. Tetap asri meskipun matahari tengah bersinar dengan teriknya.

Berkunjung ke Jogja jangan lupa nikmati Sunset indah di Istana Ratu Boko. Tempat yang sangat cocok dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga atau teman ketika di Jogja.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *