Wisata Hutan Wanagama

hutan wanagama

Wisata Hutan Wanagama

Wisata Hutan Wanagama.
Hutan ini pertama kali dirintis oleh Prof Oemi Han’in yang bertekad dan pada akhirnya berhasil mengubah daerah hutan yang awalnya tandus. Tempat ini terletak di Kecamatan Pathuk dan Playen tepatnya di Desa Banaran, Playen, Gunung Kidul Yogyakarta.

Sepanjang jalan tempat ini anda akan disuguhkan oloeh pemandangan yang luar biasa dari ketinggian. Kawasan yang dibangun sejak tahun 0964 ini sangat cocok bagi anda para pecinta alam, khususnya bagi anda yang sangat menyukai petualangfan. Hutan Wanagama ini adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan hobby berpetualang anda.

Hutan ini dulunya tandus akibat penebangan liar yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab.  Melihat kondisi se[erti ini Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan berbagai akademisi melakukan segenap car4a untuk menghijaukan hutan deng cara mereboisasi hutan dengan penanaman berbagai jenis bibit pohon di kawasan Hutan Wanagama tersebut.

Berawal dari lahan yang seluas 10 Ha menjadikan Prof Oemi yang juga pelopor Hutan Wanagama menarik perhatian banyak pihak terutama para pecinta alam untuk saling berkerjasama menghijaukan lebih luas daerah yang tandus hingga saat ini mencapai luas 6900 Ha.

Saat menyusuri kawasan Hutan Wanagama, anda akan ditemani oleh barisan berbagai jenis pepohonan mulai dari Akasia dan disambung dengan barisan minyak kayu putih yang atsiri sangat berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan masih banyak lagi jenis-jenis pohon lainya. Bukan hanya itu disini anda akan menemukan beberapa jenis binatang seperti unggas, kera dan reptil yang merupakan penghuni khas Hutan Wanagama.

Fasilitas di Wisata Hutan Wanagama ini pun terbilang cukup lengkap seperti adanya area camping ground, sarana outbond, toilet, air bersih, trek wisma dan ada aula untuk tempat pertemuan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *