Wisata Hutan Mangrove Pantai Baros

pantai baros bantul

Wisata Hutan Mangrove Pantai Baros

Wisata Hutan Mangrove Pantai Baros, merupakan kawasan ekowisata Hutan Mangove dan Pantai Baros, wisata ini dibangun atas kepedulian dan inisiatif dari warga setempat yang melihat adanya potensi alam di sekitar tepian muara Sungai Opak dan Pantai Baros. Tanaman bakau yang perlahan ditanam disekitaran kawasan ini tumbuh subur hingga membentuk sebuah Hutan bakau kecil.

Berlokasi di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Dusun Baros sendiri merupakan perintis hutan bakau di sekitar Sungai Opak. Kawasan ini kemudian sering dikenal dan disebut dengan nama Hutan mangrove Baros. Wisata Hutan Mangrove Pantai Baros sendiri terletak persis disebelah timur Pantai Samas, Bantul.

Wisata Hutan Mangrove Pantai Baros yang memiliki luas sekitar 4 hektar ini menyuguhkan pemandangan yang sangat apik dimana hijaunya pepohonan bakau ditepian Sungai Opak ditambah dengan sejuk dan semilirnya angin yang berhembus dikawasan ini akan menjadikan siapa saja yang singgah ke kawasan wisata ini betah berlama-lama.

Tak puas melihat pemandangan dari tepian Pantai, para wisatawan juga dapat menikmati pemandangan dari sisilain yaitu dengan berperahu menyusuri kawasan Wisata Hutan Mangrove Pantai Baros dan membelah air di Sungai Opak. Bukan hanya pemandangan dan kesejukan para wisatawan juga akan sesekali mendapatkan pemandangan burung-burung yang bertengger di ranting-ranting pohon yang juga sesekali berterbangan.

Selain sebagai wahana alam, Hutan Mangrove sendiri juga digunakan untuk Konservasi alam. Selain digunakankan untuk menahan laju stunami, kawasan Hutan mangrove juga berfungsi sebagai nursery groynd bagi udang, kepiting, kerang serta ikan dan juga digunakan sebagai wahana pengamatan burung.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *