Wisata Gunung Ireng

Wisata Gunung Ireng

Wisata Gunung Ireng

Wisata Gunung Ireng, selain wisata Pantai nya yang sudah banyak dikenal karna keindahan-keindahan masing-masing pantai yang selalu memiliki daya tarik tersendiri ini Gun ung Kidul juga menyimpan sebuah destinasi wisata yang bakalan bikin kalian terpesona loh. emmm…. kalo dipikir gak bakal habis dan tak hnti-hentinya Jogja terutama Kabupaten Gunung Kidul ini menyuguhkan wisata keeksotisan yang ia miliki.

Salah satu tempat yang menarik untuk kalian singgahi ketika berada di Gunung Kidul yaitu Gunung Ireng, wisata Gunung Ireng sendiri terletak di Srumbung, Pengkok, athuk, Gunung Kidul. Daya tarik utama lokasi ini adalah saat momen sunrisenya (matahari terbit). Keindahan langit yang seakan menyala di sisi timur ditambah dengan pemandangan kabut yang menyelimuti Gunung Ireng dan tentunya udara yang masih sangat segar dan alami dijamin bikin kalian betah berlama-lama di Wisata Gunung ireng ini.

Gunung Ireng ini mereupakan puncak tertinggi di Srumbung, Pathuk. Batuan disini seperti dengan batuan yang berada di Gunung Api Purba Nglanggeran loh yang memiliki  batuan sama seperti batu vulkanis. Saat berada disini kalian tak perlu khawatir akan rasanya ingin berlama-lama karna disini terdapat gazebo yang dapat kalian gunakan untuk beristirahat dan menikmati pemandangan sekitar dari puncak Gunung Ireng.

Terdapat sebuah dongeng yang menceritakan terbentuknya Gunung Ireng ini yaitu pembentukan Gunung Ireng ini berawal dari batu gunung merapi yang ditendang oleh Raden Bratasena atau Bima. Kenapa begitu, konon katanya dahulu Raden Bratasena ini marah kepada monyet-monyet nakal di Gunung Merapi. Bermaksut untuk mengusir dengan mendendang namun meleset terkena batu hingga melayang sampai ke Gunung Kidul.

Dan akhirnya Gunung inilah yang dinamakan Gunung Ireng, percaya atau tidaknya itu hanyalah cerita jawa yang beredar d masyarakat dan cukup menarik untuk diketahui. hehe…

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *