Wisata Gunung Api Purba

gunung api purba

Wisata Gunung Api Purba

Wisata Gunung Api Purba, adalah salah satu gunung di Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan satu-satunya gunung api purba yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 16 juta tahun lalu. Tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava dan breksi andesit. Gunung ini terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, kabupaten Gunung Kidul yang berada pada deretan pegunungan Sewu.

Gunung yang terbentuk dari bongkahan batu andesit raksasa ini membentang sekitar 800 meter dan setinggi 300 meter. Meskipun namanya Gunung tetapi Gunung Nglanggeran ini berwujud bongkahan batu besar yang membentuk bukit. Kobnon katanya Bukit ini merupakan tempat menghukum warga desa yang ceroboh merusak wayang. Nglanggeran sendiri berasal dari kata Nglanggar yang berarti melanggar.

Ada beberapa bebatuan besar yang menurut cerita warga digunakan sebagai tempat untuk bertapa. Pada malam tahun baru jawa atau malam jumat kliwon ada beberapa orang yang memilih semedi di pucuk Gunung yang dipercayai di jaga oleh Kyai Ongko Wijoyo dan tokoh pewayangan Punokawan. Disini juga warga pernah menemukan arca yang mirip dengan Ken Dedes.

Untuk sampai ke pucak gunung api purba ini pun tidaklah mudah, harus melewati jalanan tanah serta lorong-lorong batu yang sempit dengan jarak kurang lebih 2 jam. Setelah sampai di puncak panorama wisata Nglanggeran inilah akan nampak. Dari atas bukit nglanggeran ini lah pemandangan Sunrise pada pagi hari dan Sunset waktu petang menjelang serta terbitnya bulan pada malam hari. Dapat juga menikmati gemerlapnya jutaan bintang dilangit yang akan nampak sempurna dari atas sini.

Selain itu kegiatan yang dapat dilakukan disini adalah
– Trekking atau berjalan kaki sampai puncak bukit ini adalah merupakan aktifitas utama yang ditawarkan di wisata ini
– Camping adalah merupakan pilihan yang tepat karena banyak juga titik tempat yang dijadikan Camping Ground disini
– Menikmati Sunrice dan Sunset di atas bukit ini adalah hal yang mampu membuat tenang dan akan terpesona pastinya
– Mengunjungi desa 7KK, jika kamu penyuka budaya kunjungilah desa dibagian puncak timur, disana akan bertemu dengan komunitas 7 kepala keluarga yang sudah turun menurun
– Outbond, ditempat ini kamu bisa menikmati aneka games bahkan kamu bisa bermain flaying fox
– Live in, di wisata ini menawarkan paket live in untuk para pelajar yang meliputi bercocok tanam, membajak sawah, belajar membatik, outbond, hingga belajar kesenian tradisional yang ada.
– Panjat Tebing, deretan batu-batu tebing disini kerap dijadikan area untuk panjat tebing, namun kamu harus membawa peralatan sendiri.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *