Wisata Gua Braholo

Wisata Gua Braholo

Wisata Gua Braholo,  merupakan salah satu cara untuk menikmati sisi lain DI Yogyakarta yaitu dengan bertualang ke aneka guayang terdapat di Gunungkidul. Salah satu pesonanya adalah adanya beberapa sungai bawah tanah dan gua purba yang menyimpan misteri di berbagai wilayah Gunungkidul ini. Setelah adanya Gua Pindul yang populer dengan cave tubing nya, terdapat pula gua Jomblang di Semanu yang ternyata menyimpan beratus tulang belulang manusia di dalamnya. Dan ada pula Gua Braholo yang punya peninggalan manusia purba. Jejak manusia purba yang hidup dan mendiami kawasan sekitar DI Yogyakarta, ternyata dapat kalian telusuri di Gunungkidul. Sisa-sisa artefak nenek moyang kita terekam dan tersimpan dalam di sebuah gua yang bernama Gua Braholo.

Lokasi Gua Braholo ini terletak di Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Terdapat banyak artefak peninggalan manusia purba yang bisa kalian temukan dan lihat di sini. Artefak tersebut antara lain seperti serpihan batu, tulang, serta cangkang moluska yang memiliki berbagai variasi bentuk yang beragam. Ada yang ukurannya lumayan besar dan kasar, dan ditemukan pula tulang-tulang fauna yang besar.

Diperkirakan artefak tersebut berasal dari masa kebudayaan Pleistosen akhir, yang sudah terdapat sejak 33.000 tahun yang silam, ada pula alat-alat batu yang berasal dari lapisan kebudayaan yang berumur sekitar 6-12 ribu tahun silam, yang dikategorikan ke dalam teknologi preneolitik.

Selain ditemukan alat-alat batu, tulang, dan cangkang moluska, juga ditemukan kuburan 10 kerangka manusia purba dengan ras Australomesoid di Gua Braholo ini. Yang lalu dipercaya bahwa inilah nenek moyang manusia yang hidup di Yogyakarta. Selain bisa menikmati peninggalan arkeologi, di Gua Braholo ini ternyata sering juga digunakan sebagai lokasi untuk wisata susur gua oleh para pecinta alam. Karakteristik Gua Braholo sendiri memiliki 3 pitch, masing-masing mempunyai kedalaman sekitar 35 meter, 6 meter, serta yang terakhir sekitar 2 meter dengan kemiringan 25 derajat.

Tentu saja ini akan menjadi tantangan sendiri bagi para pecinta adrenalin karena Wisata Gua Braholo dikenal mempunyai pemandangan indah dan masih alami. Penampakan guanyapun juga dihiasi oleh stalaktit dan stalakmit yang keren. Belum lagi terdapat sungai bawah tanah yang mengalir di sana, pasti sangat seru untuk menjelajahinya!

Share this post

Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *