Wisata Goa Selarong Bantul

tangga goa selarong bantul

Wisata Goa Selarong Bantul

Wisata Goa Selarong Bantul, wisata yang satu ini terletak diwilayah Kembang Putihan, Guwosari, Pajangan Bantul Yogyakarta, berada di perbukitan kapur setinggi kurang lebih 35 meter dengan dipenuhi pepohonan yang lebat. Letak dariv goa Selarong sendiri termasuk sangat curam dengan kemiringan sekitar 45 derajat, untuk dapat  mencapai lokasinya, kalian harus meniti melewati anak tangga sejauh kurang lebih 400 meter.

Bentuk dari Goa Selarong ini seperti sebuah cekungan yang lebarnya hanya sekitar 3 m dengan tinggi sekitar 2 m, dan memiliki kedalaman sekitar 3 m. Wisata Goa Selarong Bantul mempunyai dua Goa yang berdampingan, yaitu Goa Lanang dan Goa Wadon. Kata Selarong berasal “ Selo” yang berarti batu dan “ rong” artinya lobang.

Yang menarik dari Wisata Goa Selarong Bantul ini adalah Sejarah dari goa ini yang dulunya merupakan markas Pangeran Diponegoro bersama pasukannya ketika hendak melakukan aksi perang gerilya melawan penjajah Belanda antara tahun 1825 -1830 (Goa Lanang) danjuga sebagai tempat tinggal Raden Ayu Ratnaningsih (Goa Wadon) yang diketahui beliau merupakan selir paling setia Pangeran setelah kedua istrinya meninggal.

Saat menaiki tangga kanan kiri antara anak tangga ini terdapat wahana permainan anak dan juga gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat dan bersantai ketika lelah berjalan. Di Wisata Goa Selarong Bantul  juga terdapat dua buah sendang, yaitu sendang Manik Moyo dan Umbul Moyo. Selain itu tersedia juga fasilitas toilet dan masjid.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *