Wisata Embung Banjaroya Kulonprogo

embung banjaroya

Wisata Embung Banjaroya Kulonprogo

Wisata Embung Banjaroya Kulonprogo, sebuah waduk mini yang berada di ketinggian kawasan Kalibawang ini merupakan salah satu wisata yang direkomendasikan buat kalian yang berkunjung ke Kulonprogo. Selain akses jalanya yang mudah pemandangan dari embung Banjaroya ini sangatlah memikat dan menawan bagi siapa saja yang berkunjung kesini.

Ikon Embung Banjaroya

Ikon Embung Banjaroya

Sebuah Patung Durian Menoreh Kuning akan menyambut para wisatawan yang berkunjung karena memang patung tersebut merupakan ikon dari wisata Embung Banjaroya Kulonprogo. Saat cucaca sedang cerah pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu akan nampak lebih dekat dari Embung Banjaroya ini, saat sore hari kalian akan disuguhkan dengan pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang nampak tenggelam dengan sempurna. Warna langit yang orange ke jingga-jinggaan akan membuat sore kalian sempurna.

Selain menjadi destinasi wisata pembangunan Wisata Embung Banjaroya Kulonprogo juga difungsikan untuk menjaga kekuatan tanah disekitar Kalibawang agar tidak terjadi longsor saat memasuki musim penghujan. Melihat struktur tanah di daerah Kalibawang ini sangat rentan terhadap longsor, Embung Banjaroya Kulonprogo ini memiliki fungsi sebagai penahan laju air serta menjaga kekuatan tanah.

Terlepas dari ikon Embung ini sendiri karena memang di sini Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta, merupakan salah satu desa yang tersohor atau terkenal dengan buah duriannya. Maka dari itu pula pemberian ikon wisata di Embung Banjaroya ini sangat pas dan cocok dengan buah Durian.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *