Wisata Desa Teletubbies

rumah teletubbies

Wisata Desa Teletubbies

Wisata Desa Teletubbies.

Jogja merupakan Kota kecil nan asri yang selalu menjadi tujuan bagi para wisatawan atau traveller. Kota yang terkenal akan keindahan Pantai di Gunung Kidul, pusat perbelanjaan sepanjang jalan Malioboro dan juga udara yang sejuk di lereng Gunung Merapi ini selalu mampu menyedot minat para wisatawan daerah hingga mancanegara.

Namun ada satu daerah di Jogja yang termasuk unik dan menarik untuk dikunjungi yaitu desa Teletubbies di Prambanan. Lucu dan Unik bukan nama desa yang satu ini, waktu kecil pernahkan kamu melihat serial televisi yang namanya Teletubbies?? Dalam acara tersebut terlihat toko cartoon tersebut tinggal disebuah rumah yang unik yaitu berbentuk separuh bola atau dome.

nah, di Jogja rumah-rumah seperti itu ternyata ada loh.. di sebuah Dusun yang berada di Prambanan-Piyungan tepatnya di Desa Ngelepan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Di perkampungan yang rumah-rumah penduduknya menyerupai tumah Teletubbies ini dikenal juga dengan nama Komplek Rumah Dome. Namun, pada umumnya sih nyebutnya Desa Teletubbies.

Bukan tanpa alasan rumah seperti ini dibangun, rumah Dome ini awalnya dibangun sebagai tempat tinggal warga Desa Ngelepan yang terkena Gempa Bumi besra pada tahun 2006. Lalu dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Lembaga Non-Pemerintah dan Domes for The World Foundation memberikan bantua rumah kepada mereka. Donatur Tunggal yang Juga pemilik Emaar Property Dubay yaitu Ali Alabar.

Bentuknya yang unik menjadikan kampung ini  menjadi  Wisata Desa Teletubbies yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang penasaran akan isi rumah Dome ini. Oh yaa Arsitektur rumah Dome ini dibuat dan dirancang tahan Gempa dan Api.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *