Wisata Desa Krebet

wisata desa krebet 1

Wisata Desa Krebet

Wisata Desa Krebet, Krebet merupakan daerah wisata dengan atmosfir unik di Bukit Pajangan, Bantul, Yogyakarta atau berjarak kurang lebih 15 Km dari pusat Yogyakarta. Dulu Krebet merupakan sebuah daerah bertanah kapur yang tandus, awalnya masyarakat Krebet ini hanya mengandalkan pertanian sebagai sumber matapencaharian. Karena kegiatan pertanian hanya berlangsung secara musiman maka warga Dusun Krebet mengembangkan keahlian membuat barang-barang kerajinan dari kayu yang di Batik.

Oleh karna itu, hingga saat ini Krebet menjadi sentra kerajinan batik kayu yang terkenal di Yogyakarta. Jika pada umumnya yang kita ketahui bahwa batik digambar diatas kain, maka batik yang dibuat oleh para warga Krebet ini berbeda yaitu digambar di Kayu. Dengan memanfaatkan kayu sebagai media membatik warga Dusun Krebet ini dapat menghasilkan karya-karya cantik yang bernilai tinggi dan banyak diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.

wisata desa krebet

wisata desa krebet

Motif kayu yang dibuat disini antara lain seperti motif parangrusak, parangbarong, kawung, garuda, sidorohayu, sidomukti dan sebagainya. Namun proses untuk membuat gambar batik di atas media kayu ini tidaklah mudah. Harus membutuhkan ketelitian dan ketrampilan tersendiri karena polanya dibuat secara manual buka dicetak.

Berbagai hasil kerajinan batik kayu inipun sangat banyak meliputi topeng, wayang, almari, patung kayu, kotak perhiasan dan berbagai kerajianan batik kayu lainya. pemasaranya pun tidak hanya didalam negeri namun telah merambah pasar mancanegara juga loh.

Gimana penasarah bukan dengan kerajinan yang satu ini, di Desa wisata Krebet ini juga menawarkan fasilitas homestay bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh tentang proses pembuatan kerajinan batik kayu atau sekedar ingin menikmati suasana alam pedesaan Krebet yang masih asri atau untuk belajar bertani kepada warga setempat.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *