Wisata Desa Klayar Gunung Kidul

desa wisata klayar

Wisata Desa Klayar Gunung Kidul

Wisata Desa Klayar Gunung Kidul, terletak di Padukuhan Klayar, Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Desa Klayar sendiri dirintis oleh Pokdarwis Widyatama dengan potensi alam berupa Perkebunan Kayu Putih, Bendungan Kedung Lumbu dan juga aliran Sungai Oya Yogyakarta.

Kawasan Desa Wisata Klayar sendiri biasa digunakan untuk kegiatan outdoor seperti outbond, camping, rafting sungai oya, dan juga wisata keluarga. Kampung yang menyajikan kesederhanaan, indah, dan asri ini bisa menjadi pilihan tempat untuk  melepas lelah, mengenal alam sembari melihat aktivitas serta berinteraksi dengan warga sekitar kawasan yang khas pedesaan.

Area perkemahan atau camping di Wisata Desa Klayar ini memiliki luas sekitar 1 hektar, sehingga sangat cocok untuk dijadikan pilihan bercamping ramai-ramai. Tak hanya itu, aliran Sungai Oya yang di bendungan Kedung Lumbu serta panorama alam di sekitarnya sangatlah menarik untuk dijadikan lokasi kegiatan berkonsep alam.

Disediakan pula beberapa gazebo dan spot untuk berfoto disekitar kawasan wisata ini. Airnya yang tenang dan jernih hingga dengan jelas memantulkan hijaunya rerimbunan pohon di kanan kiri sungai oya, menjadikan kawasan Desa Wisata Klayar ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk melepas kepenatan menikmati ketenangan di kota Jogja.

Selain bisa bercamping dan menikmati keindaan alam, hal yang menarik untuk bisa dinikmati di kawasan wisata yang satu ini adalah bermain kano ataupun naik perahu mesih menyusuri air yang mengalir jernih diWisata Desa Klayar.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *