Wisata Curug Surodipo

curug surodadi

Wisata Curug Surodipo

Wisata Curug Surodipo, Curug Surodipo ini berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Selain menyuguhkan lanskap pegunungan yang indah, perjalanan menuju Curug Surodipo pun mengisahkan satu cerita tersendiri. Jalan kecil yang berbatu adalah jalan utama yang harus dilewati untuk menuju ke Curug Surodipo,dapat dengan menggunakan sepeda motor, namun harus ekstra hati-hati karena memang kondisi jalan menanjak dan berkelok. Setelah jalan berbatu habis, maka perjalanan pun harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menaiki bukit. Kaki yang terasa lelah dan pegal pun seketika akan hilang saat mendengar deru air yang jatuh dari ketinggian. Dari kejauhan nampak bulir-bulir air Curug Surodipo seperti mutiara yang berkilauan memantulkan cahaya matahari.

Curug Surodipo sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 120 meter, dengan dasar sungai yang berbatu. Curug Surodipo sebenarnya bukan hanya menyuguhkan air terjun tunggal saja, tetapi masih ada sekitar 5 tingkat air terjun pada aliran sungai selanjutnya, dengan jarak beberapa meter antar tingkatan. Curug Surodipo ini seakan bersembunyi diantara dua punggungan bukit, ketika kamu berada di dasar air terjun, akan terasa seolah-olah diantara dua dinding nan hijau. Udara yang segar dengan air yang mengalir bersih akan memaksa kamu enggan  tergesa-tergesa untuk menikmati kesegaran Curug Surodipo. Suasana Curug Surodipo ini sungguh masih asri dan terjaga.

Wisata Curug Surodipo ini terbentuk dari pertemuan 2 bukit dengan tebing yang membentuk letter u sehingga tersembunyi dari dunia luar. Curug ini juga disebut dengan nama Curug Trocoh yang berasal dari bahasa Jawa “Trocoh” yang berarti “Bocor”. Namun penggunaan kata Trocoh dalam Bahasa Jawa sendiri lebih sering digunakan pada atap atau genting yang “Bocor”. Hal ini sesuai dengan karakteristik dari curug ini yang seperti terbentuk dari Trocoh-an atau bocoran dari atas tebing yang tinggi.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *