Wisata Curug Klenting Kuning

curug klenting kuning

Wisata Curug Klenting Kuning

Wisata Curug Klenting Kuning, merupakan salah satu pesona yang sangat menawan dan tersembunyi di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Mendengar namanya pasti sudah tidak asing kan??? Yah benar ini adalah nama salah satu tokoh dalam cerita Ande-ande Lumut yang akhirnya dipilih oleh Ande-ande Lumut.

Terletak disebelah barat Lereng Ungaran, Semarang air Terjun atau Curug Klenting Kuning ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter dan menyimpan pesona yang menawan. Jauh dari khalayak dan keramaian kota namun Curug ini termasuk memiliki fasilitas yang cukup sederhana, terdapat kamar ganti, toilet, pendopo terbuka untuk beribadah serta bebarapa gubug untuk menikmati pemandangan Wisata Curug Klenting Kuning ini.

Air Terjun ini memiliki tebing batu berwarna kuning, mengandung belerang yang tinggi namun istimewanya tak tercium bau belerang di alairan Air Terjun ini loh. Selain Wisata Curug Klenting Kuning, di sekitar area ini juga terdapat 3 buah lagi air terjun, yaitu Curug Klenting Biru dan juga Klenting Hijau.

Seperti yang sudah dibahas diatas, penamaan Curug Klenting Kuning ini juga berdasarkan dari batuan Air Terjun yng berwarna Kuning. Bebatuan tersebut telah lama terkena arus air hingga membentuk lumut yang berwarna kuning, sebab itulah tempat ini dinamakan dengan Curug  Klenting Kuning yang dalam bahasa Jawa Curug sendiri artinya adalah air terjun atau sebuah air yang jatuh dari atas sedangkan nama klenting kuning diambil dari bebatuan air yang berwarna kuning.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *