Wisata Candi Sukuh Karanganyar

Candi Sukuh karanganyar

Wisata Candi Sukuh Karanganyar

Wisata Candi Sukuh Karanganyar, merupakan sebuah komplek percandian Hindu secara administratif lokasi dari candi ini berada di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Dikategorikan sebagai candi Hindu karena memang disekitar lokasi dari candi ini ditemukan pemujaan Lingga dan Yoni. Candi Sukuh ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia sejak tahun 1995.

Lokasi candi Hindu ini berada di Kaki Gunung Lawu dimana lokasi ini memiliki ketinggian sekitar 1.186 Mdpl, atau berjarak sekitar 20 Km dari Kota Karanganyar dan 36 Km dari Kota Surakarta. Candi yang berlatar belakang Hindu ini diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-15. Arsitektur bangunan Candi Sukuh ini sangatlah sederhana dan berkesan dimana bentuk bangunan Candi ini menyerupai peninggalan Budaya Maya di Meksiko atau peninggalan Budaya Inca di Peru. Hal tersebut mengingatkan kita juga pada sebuah peninggalan yang berada di Mesir, yaitu bentuk Piramida.

Saat memasuki pintu utama pada Candi Sukuh ini para wisatawan akan disuguhkan dengan bangunan candi  yang nampak berdiri dengan bentuk arsitektur bangunan yang beda dari biasanya dimana bangunan candi akan dibangun secara tegak, namun beda halnya dengan bentuk bangunan Candi Sukuh ini yang dibuat dengan posisi agak miring dengan sebuah atap diatasnya seperti bentuk trapesium. Jika dilihat sekilas warna dari batuan Candi Sukuh ini agak kemerahan karena merupakan batuan yang dipakai adalah batuan endesit.

Terdapat sebuah mitos di komplek Candi ini yaitu untuk mengetes keprawanan para gadis, apabila gadis yang mendaki masih perawan maka akan baik baik saja dan apabila gadis yang mendaki sudah tidak perawan maka kain yang di pakainya akan sobek dan lepas. Terlepas dari mitos tersebut memanglah Candi ini sangat indah dan menawan. Jangan lupa kalau ke Karanganyar mampir ke Wisata Candi Sukuh Karanganyar ini ya.

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *