Wisata Candi Mendut

candi mendut

Wisata Candi Mendut

Wisata Candi Mendut, terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, atau sekitar 38 km ke arah barat laut dari Yogyakarta. Lokasi candi ini hanya sekitar 3 km dari Candi Borobudur, Candi Buddha ini diperkirakan mempunyai kaitan erat dengan Candi Pawon dan Candi Mendut. Ketiga candi tersebut terletak pada satu garis lurus arah utara-selatan.

Belum dapat dipastikan kapan Candi Mendut ini dibangun, namun J.G. de Casparis menduga bahwa Candi Mendut dibangun oleh raja pertama dari wangsa Syailendra pada tahun 824 M. Dugaan didasarkan pada isi Prasasti Karangtengah (824 M), yang menyebutkan bahwa Raja Indra telah membuat bangunan suci bernama Wenuwana. Menurut Casparis arti dari Wenuwana adalah hutan bambu sebagai Candi Mendut. Diperkirakan usia dari candi Mendut lebih tua dibanding dengan usia Candi Borobudur.

Berdiri kokoh di atas kaki candi setinggi 3,70 meter, Candi Mendut ini berdiri nampak megah dan anggun dalam kesendiriannya. Candi berbentuk segi empat dengan atap bertingkat-tingkat dengan dihiasi stupa-stupa kecil ini memang berdiri sendiri tanpa adanya candi-candi pendamping. Dengan pintu masuk yang menghadap ke arah matahari tenggelam, Candi Mendut memiliki relung yang berukuran besar dan menjadi singgasana bagi 3 arca Budha raksasa.

Meskipun hanya terdapat satu candi yang berdiri sendiri, Candi Mendut cukup ramai dikunjungi para wisatawan baik dalam negeri maupun manca negara. Biasanya wisatawan yang mengunjungi Candi Mendut, akan juga mendatangi Candi Pawon, dan akan berakhir di Candi Borobudur. Ketiga candi ini dulunya merupakan candi di Jogja yang didatangi para peziarah dari berbagai belahan bumi.

Hingga saat ini pun ketika perayaan Waisak Candi Mendut akan menjadi titik mula saat upacara akan dimulai. Di relung candi Mendut dijadikan altar yang dipenuhi dengan aneka bunga dan hio. Pada malam hari sebelum perayaan Waisak, para pendeta Budha dari penjuru Indonesia akan berdoa di Candi Mendut lalu keesokan harinya melakukan arak-arakan menuju Candi Borobudur.

Jadi bagi kalian yang hendak atau sedang berada di Jogja gak ada salahnya jika menjadikan Candi Mendut sebagai wisata kalian ke Jogja…

(Cari oleh-oleh khas Jogja yang ajibbbbb langsung aja ke Bakpia Mutiara Jogja)

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *