Wisata Candi Kalasan Yogyakarta

candi kalasan

Wisata Candi Kalasan Yogyakarta

Wisata Candi Kalasan Yogyakarta, merupakan salah satu Candi Budha Di Yogyakarta tepatnya berada di daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Cand Kalasan atau yang dikenal juga dengan nama Candi Tara ini awalnya dipersembahkan kepada Dewi Tara yang merupakan candi Budha tertua di Yogyakarta. Candi yang dibangun semasa pemerintahan Raja Rakai Panangkaran dari dynasti Syailendra ini memiliki bentuk bujur sangakar yang berukuran setiap sisinya 45 meter dengan ketinggian bangunan sekitar 34 meter.

Wisata Candi Kalasan Yogyakarta memanglah tidak se-terkenal Candi Prambanan, tetangganya. Namun bukan berarti candi ini tidak memiliki pengunjung. Candi untuk agama Buddha ini memiliki berbagai keunikan dan nilai sejarah tinggi yang kmudian menjadi daya tarik minat pengunjung sehingga menjadikan destinasi wisata masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya yang wajib juga untuk dikunjungi.

Wisata Candi Kalasan Yogyakarta ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu adanya lapisan penutup dari getah tanaman tertentu yang dinamakan dengan istilah Bajralepa, menyerupai dengan detil hiasan pada Candi Sari. Tubuh dan atap Candi Kalasan Yogyakarta ini dihiasi dengan beraneka relung dan arca-arca budha. Keindahan ukiran pada tubuh candi ini pun tak kalah apik menunjukkan bahwa pada masa tersebut telah memiliki ahli ukir dan pemahat yang cukup hebat. Hal ini juga mmbuktikan betapa hebatnya perkembangan seni pahat dan seni ukir pada jaman dahulu.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *