Wisata Candi Borobudur

candi borobudur

Wisata Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur, Candi ini merupakan salah satu Candi Budha terbesar di Indonesia dan merupakan Candi terbesar kedua  setelah Candi Angkor Wat di Kamboja, merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah terkenal ke seluruh dunia dan di tetapkan sebagai salah satu warisan budaya oleh UNESCO. Terletak di desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Nama Borobudur sendiri diambil dari gabungan kata Bara dan Budur. Bara yang diambil dari bahasa sansekerta yang berarti Candi atau Biara, sedangkan Budur dari kata Beduhur yang berarti di atas. Jadi Borobudur ini berarti Biara di atas bukit. di perkirakan dibangun pada tahun 750 Masehi oleh kerajaan Syailendra yang waktu itu menganut agama Budha. Candi Borobudur ini memiliki stupa yang berbentuk Lonceng Ajaib dan Stupa terbesar sendiri terletak di puncak dan stupa lain berada mengelilingi Candi hingga ke bawah, karena bangunan Candi Borobudur yang berbentuk punden berundak terdiri 10 tingkat berukuran 123 x 123 meter dan tinggi yang mencapai 42 meter.

Candi Borobudur yang terkenal besar dan megah ini di penuhi 2672 panel relief di dinding-dindingnya, hal ini dipuji sebagai Ansambel relief terbesar serta terlengkap di dunia. Searah jarum jam mengikuti jalinan kisah yang terpahat pada dinding-dinding Candi melalui pintu timur dan melangkahkan kaki naik ketingkat berikutnya berulang-ulang untuk sampai ke puncak. Sesampainya di puncak akan tersuguhkan dengan pemandangan ke seluruh arah nampak deretan perbukitan Menoreh, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang berdiri tegak menjulang dengan gagah yang seolah-olah mengintari Candi Borobudur ini sebagai penjaga yang membentengi keberadaan Candi Borobudur.

Terkenal sebagai salah satu wisata di Yogyakarta, banyak para wisatawan yang memilih Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi tempat berlibur bersama keluarga tercinta. Tak hanya orang lokal, banyak para wisatawan mancanegara yang juga berkunjung ke Candi Borobudur ini karna indah dan megahnya bangunan Candi ini yang lantas menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *