Wisata Air Terjun Girimanik Wonogiri

air terjun girimanik

Wisata Air Terjun Girimanik Wonogiri

Wisata Air Terjun Girimanik Wonogiri, memiliki 3 buah air terjun yang masing-masing bernama Air Terjun Manikmoyo, Tejomoyo dan Condromoyo. Air Terjun Manikmoyo sendiri memiliki ketinggian air sekitar 70 meter sedangkan untuk Tejomoyo sendiri memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Ketiga Air terjun ini berada disisi selatan Gunung Lawu tepatnya berada di kawasan Girimanik, Setren.

Lokasi dari Wisata Girimanik ini tepat di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah. Lokasi objek wisata ini berada sejauh 30 Km dari Kota Wonogiri ke arah Ponorogo. Adsa sebuah tradisi yang berjalan di Setren yaitu setiap tahun para warga sekitar menggelar acara yang bernama Upacara Kebiasaan Susuk Wangan. Saat upacara ini berlangsung para wisatawan yang berkunjung bisa melihat banyak sekali ayam yang di panggang yang dimaksutkan untuk persembahan Sang Khalik oleh para warga sebagai wujud rasa syukur atas panen hasil bumi yang mencapai.

Untuk dapat sampai ke 3 Air Terjun Girimanik ini, kalian harus berjalan kaki sekitar 5 sampai 30 menit dari pintu masuk yang berlanjut ke perkemahan Girimanik. Rasa lelah dan letih kalian ketika berjalan kaki akan terbayarkan saat melihat keindahan Air Terjun Girimanik ini. Selai menawarkan keindahan Air Terjunya Girimanik sendiri memiliki agrowisata kebun Durian. Disini merupakan salah satu tempat yang potensial untuk membudidayakan Buah Durian loh.

Tak jauh dari kawasan Wisata Air Terjun Girimanik terdapat juga sebuah tempat yang sakral yaitu petilasan Raden Mas Said yang dikenal dengan nama Batu Resi. Jadi kalian juga bisa mampir melihat petilasan ini. Jadi gimana tertarik untuk melihat keindahan ke 3 Air Terjun yang mempunyai keistimewaan masing-masing ini. Sangat disayangkan apabila berkunjung ke Wonogiri tapi gak mampir ke Wisata Air Terjun Girimanik Wonogiri.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *