Umbul Cokro Klaten

umbul cokro

Umbul Cokro Klaten

Umbul Cokro Klaten, Umbul ini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika kalian tengah berada di Klaten dan sekitarnya. Umbul Cokro ini adalah salah satu dari 15 mata air bening yang terdapat di Jawa Tengah. Umbul Cokro ini sama populernya dengan beberapa Umbul di Klaten seperti Umbul Ponggok dan Umbul Manten.

Berada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten karna itulah masyarakat menyebutnya dengan nama Umbul Cokro yang memang terletak di Desa Cokro. Umbul Cokro Klaten yang kini telah dilengkapi dengan waterpark dan letakbnya yang masih dikelilingi rimbunya pepohonan inilah yang menjadi keunikan serta daya tarik para pengunjung tempat ini.

Umbul ini menjadi salah satu destinasi wisata saat menjelang Bulan Ramadhan, sebelum berpuasa biasanya warga memiliki kebiasaan untuk mandi atau yang lebih dikenal dengan sebutan padusan. Tradisi inilah yang kemudian menjadikan Umbul Cokro Klaten dikenal sebagai mata air yang memiliki air jernih dan bening.

Mempunyai ketinggian air hanya sekitar 80cm jadi sangat aman bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak. Berbeda dengan Umbul Ponggok yang memiliki kedalaman air mencapai 2 meter lebih sehingga membutuhkan pengawasan bagi yang tidak mahir berenang. Fasilitas di Umbul Cokro Klaten ini termasuk memadai bagi para pengunjung ada kamar bilas, warung-warung makan yang menyajikan hidangan khas Klaten.

Waktu yang baik untuk berkunjung ke sini ialah pada pagi hari karena saat itu belum banyak pengunjung yang datang.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *