Tips Memilih Udang Yang Segar

memilih udang segar

Tips Memilih Udang Yang Segar

Tips Memilih Udang Yang Segar, udang merupakan salah satu seafood yang banyak digemari oleh Masyarakat, rasanya yang guriih manis serta tekstur dari dagingnya pun sangat pas. Selain itu ternyata udang sendiri memiliki macam kandungan nutrisi yang lengkap sehingga sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seseorang.Sama halnya dengan hasil laut lainya udang juga mudah rusak/busuk apabila tak segera diolah ataupun tidak tepat cara penyimpananya.

Sayangnya masih banyak orang yang belum tau dan paham cara memilih udang yang masih baik dan segar, dalam pemilihan udang yang sudah tidak baik bukan hanya olahan masakan yang kurang sempurna namun dapat juga memicu keracunan dan alergi, Nah untuk menghindari memilih udang yang sudah busuk/tidak segar.

  • Kenalilah Warna Udang Yang Segar
    Warna udang yang masih segar biasanya berwarna kehitaman cerah atau putih kecoklatan. Hindari memilih udang yang sudah berubah kekuningan, kemerahan atau bahkan biru karna udang dengan warna tersebut sudah tidak segar.
  • Nampak Keras Dan Utuh
    Udang yang segar biasanya juga sering dikenali dengan teksturnya yang keras dan utuh, jadi hindari untuk memeilih udang yang sudah lembek, lemes apalagi sudah tidak utuh.
  • Pastikan Memilih Udang Yang Tidak Berlendir
    Udang yang masigh segar tentunya akan terlihat mengkilat dan tidak berlendir dibagian kulit luarnya,. Jika mendapati udang yang berlendir baiknya adalah mengurungkan niat untuk memebeli karna udang yang berlendir sudah mengalami proses pembusukan.
  • Tidak Berbau Busuk
    Paling mudah untuk mengetahui bahwa udang masih segar atau tidak adalah dengan mencium aromanya, jika tercium bau busuk yang menyengat itu menandakan bahwa udang terseburt sudah tidak layak konsumsi.
  • Apabila Memilih Atau Membeli Udang Beku
    Jika memilih dfan membeli udang yang sudah beku sebaiknya proses thawing / pencairan dilakukan dengan cara perlahan dan mendiamkannya dalam lemari dingin bersuhu 5 – 10 ° C. dengan cara ini akan membuat tekstur dari Udang sendiri tidak hancur dan tetap kenyal dan yang paling pentying adalah tetap terjaga nilai gizinya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *