Sejarah Ketupat Khas Lebaran

ketupat Bawang lebaran

Sejarah Ketupat Khas Lebaran

Sejarah Ketupat Khas Lebaran, Lebaran Idul Fitri sebentar lagi bagi para masyarakat Indonesia Hari Raya ini merupakan hari yang sangat istimewa dimana saat Lebaran tiba berkumpul dengan keluarga besar, sanak saudara hingga menyiapkan sajian kudapan Lebaran adalah hal yang ditunggu-tunggu tiap tahunya. Seperti Opor Ayam, Rendang, Sambel Goreng Ati, Ketupat dan lain-lain.

Nah Ketupat adalah salah satu menu wajib yang ada saat Lebaran tiba, bukan hanya di Indonesia ternyata ketupat sendiri dapat kita jumpa di Negara tetangga seperti Malaysia,  Brunei, Singapura dan bahkan di Filipina ada suatu makanan yang mirip dengan ketupat yaitu Bugnoy. Taukah kalian jika diperhatikan ternyata bentuk ketupat ini ada 2 loh, yaitu 7 sudut dengan bentuk jajar genjang dan juga 6 sudut.

Perlu kalian tau bahwa yang pertama kali memperkenalkan Ketupat ini adalah Kanjeng Sunan Kalijaga di jawa yang kemudian beliau lantas membudidayakan 2 Bakda, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat (yang dimulai seminggu setelah hari Lebaran). Ketupat sendiri tak hanya makanan khas Lebaran loh ternyata Ketupat sendiri memiliki arti khusus.

Arti Ketupat atau yang dalam bahasa jawa ini disebut dengan nama Kupat ini adalah singkatan dari kata Ngaku Lepat atau Laku papat. Ngaku Lepat sendiri berartikan Mengaku salah dan Laku papat ini berarti kamu memiliki pengetahuan tepat bagi masyarakat jawa.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat