Pesona Sendang Sono

sendang sono

Pesona Sendang Sono

Pesona Sendang Sono, ini merupakan tempat ziarah bagi umat katolik yang terletak dikawasan Perbukitan Menoreh tepatnya di Desa banjaroyo, Kalibawang, Kulonprogo, DIY. Sendang Sono ini pada awalnya merupakan sendang yang kerap digunakan oleh para biksu yang hendak berziarah ke Candi Borobudur. Nama Sendang Sono sendiri mempunyai arti sebagai mata air (sendang) yang berada dekat dengan pohon angsanan (sono).

Meskipun merupakan tempat ibadah dan ziarah umat katolik namun Sendang Sono sendiri terbuka untuk semua pemeluk agama. Yang menarik di tempat ziarah ini, memiliki pemandangan yang indah dan menawan siapa saja yang datang kesini. Pemandangan indah disini tak lain berkat jasa dari pastor Y. B. Mangunwijaya atau Romo Mangun yang diketahui menata kawasan peribadahan ini pada tahun 1970.

Bahkan saking indahnya kawasan ini, Sendang Sono pun pernah mendapat penghargaan di Bidang arsitektur yakni Aga Khan Award pada tahun 1991. Selain bisa menenangkan diri dan berdoa, anda yang berkunjung kesini dapat duduk santai di pendopo sembari menikmati Pesona Sendang Sono dengan bangunan yang sekelilingnya didominasi bahan batu atau bisa menikmati aliran sungai diatas jembatan kecilnya.

Bagi umat katolik pada bulan Mei dan bulan Oktober merupakan bulan yang penting. Pada bulan-bulan tersebut biasanya mereka akan melakukan ziarah di berbagai Gua Maria yang terletak di Yogyakarta. Tak hanya warga Jogja, warga luar Jogja pun tak jarang juga mengunjungi salah satu Gua Maria di Jogja seperti di Sendang Sono ini. bagi anda yang ingin merasakan wisata rohani sekaligus melihat keindahan tempat ini tak ada salahnya berkunjung kesini ketika di Jogja.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *