Pantai Klayar Pacitan

pantai klayar

Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan, pantai yang menyimpan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan ini dapat Anda temukan pesona dan keunikannya pada hamparan pasirnya yang putih, adanya karang raksasa laksana Sphinx, air mancur alami hingga setinggi 10 meter, dan juga bebatuan karang dengan bentuk yang unik serta suguhan seruling samudera.

Secara administratif, pantai Klayar Pacitan ini terletak di Kecamatan Donorojo, lebih tepatnya berada di Desa Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan, pantai Klayar bisa ditempuh dengan jarak perjalanan sekitar 40 km pada arah barat Pacitan, dan hanya menghabiskan waktu perjalanan selama sekitar 1 jam.

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai di Jawa Timur yang sangat menawan. Popularitasnya memang belum setenar Goa Gong di Pacitan ataupun Pantai Teleng Ria. Namun secara umum, pantai ini sudah terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang apik dan menarik.

Selain pantai yang berpasir putih, Pantai Klayar Pacitan ini memiliki fenomena alam yang unik yaitu adanya sebuah celah di batu karang yang saat ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya akan masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seperti sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini juga disertai dengan suara yang mirip siulan sehingga sering disebut sebagai Seruling Laut. Satu lagi yang menjadi keunikannya, di deretan tebing karang di sisi timur pantai inilah terdapat karang raksasa mirip Sphinx.

Pantai Klayar memiliki air laut yang biru serta ombak yang sangat besar, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Bibir pantai yang dihiasi tumbuhan pohon kelapa dan gubug-gubug/lincak-lincak yang beratap daun kering, karang-karang diwilayah pasang surut juga masih terawat dengan alami yang dimana Wisatawan juga bisa menyusuri karang-karang untuk menemukan kerang-kerangan Mollusca, dan bintang laut Echinodermata.

Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Pantai Klayar ini?????

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *