Pantai Indrayanti Gunungkidul

pantai indrayanti

Pantai Indrayanti Gunungkidul

Pantai Indrayanti Gunungkidul, Pantai Pulang Syawal atau disingkat Pantai Pulsa ini merupakan salah satu pantai yang sangat menarik diantara sekian banyak pantai di wilayah Gunungkidul. Awalnya pantai ini disebut Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya mendapat banyak kontroversi karena Indrayanti sebenarnya bukan nama pantai ini melainkan nama dari pemilik salah satu kafe dan restoran yang berada di pantai ini. Karena nama Indrayanti yang terpasang dipapan nama di cafe dan restoran pantai ini selanjutnya masyarakat menyebut pantai ini menjadi nama Pantai Indrayanti.

Sedangkan dari pemerintah sendiri menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal atau Pantai Pulsa. Akan tetapi pantai ini selanjutnya menjadi lebih terkenal dengan menggunakan nama Pantai Indrayanti.

Dalam mengelola pantai ini sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah dibantu olehi pihak swasta membawa dampak yang baik dan positif dalam perkembangan pantai ini sebagai obyek wisata yang semakin diminati banyak para wisatawan. Salah satu aturan yang merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan pantai ini adalah dari pengelola pantai akan menjatuhkan denda sebesar Rp.10.000,- kepada siapapun bila terbukti melihat para wisatawan membuang sampah sembarangan.

Oleh karena itu disekitar pantai ini ditempat-tempat yang mudah dijangkau sudah disediakan tempat sampah yang dapat dipergunakan oleh para wisatawan untuk membuang sampah. Oleh karena itu di Pantai Indrayanti ini anda akan melihat pantai ini kelihatan lebih bersih dibandingkan dengan pantai lain yang berada disekitarya di wilayah Gunungkidul.

Pantai Indrayanti kendati masih tergolong pantai baru di Gunung Kidul, namun fasilitas yang tersedia cukup memadai, seperti adanya Gazebo dan permainan Jet Sky yang bisa disewa oleh para wisatawan untuk menikmati panorama keindahan pantai dari sisi lain.

Selepas bersky anda bisa beristirahat di gazebo yang terletak di tepian pantai sambil menikmati hidangan makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan indah di lepas pantai.

Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih terhampar di sepanjang garis pesisir pantai yang pendek yaitu sekitar 250 m, jadi untuk menyusuri pantai ini dari pojok sebelah barat sampai pojok sebelah timur tidak membutuhkan waktu yang lama.

Di sebelah barat dari pintu masuk patai ini terdapat gunung batu karang yang cukup besar dan sangat menawan dan dibalik pegunungan tersebut terdapat pantai yang berpasir putih bersih terhampar indah dan menakjubkan.

Lokasi

 Pantai Indrayanti terletak bersebelahan dengan Pantai Sundak tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupatan Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau ditempuh dari Yogyakarta pantai ini berjarak lebih dari 70 km dengan waktu sekitar 2 jam.

 Akses

  • Jika menggunakan kendaraan umum memakai bus jurusan Yogya – Wonosari sebesar Rp.7.000,- turun di terminal kemudian mencari angkutan ke Panti Indrayanti.
  • Jika menggunakan kendaraan pribadi :
  • Dari Yogyakarta anda bisa melewati jalut Jalan Imogiri Barat – Panggang – Saptosari – Pantai Baron – Pantai Kukup – Tepus – Pantai Krakal – Pantai Indrayanti.
  • Bisa juga Dari Yogyakarta langsung ke kota Wonosari setelah itu anda akan menemukan penunjuk arah ke pantai Indrayanti. Jarak loket retribusi dengan pantai Indrayanti 9 km.

 Tiket Masuk

 Tiket paket wisata 8 pantai : Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Poktunggal sebesar Rp. 4.000,-. ( Januari 2014 )

 Fasilitas

 Fasilitas yang disediakan di pantai ini cukup lengkap yang meliputi

  • Pondok penginapan.
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Pondok panggunng
  • Musholla
  • Tempat parkir
  • Dan lain-lain

Makanan dan minuman yang disediakan di rumah makan di pantai ini seperti :

  • Ikan bakar / goreng
  • Ayam bakar / goreng
  • Es kelapa muda
  • Es Jeruk

Sumber : http://www.njogja.co.id/gunungkidul/pantai-indrayanti/

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *