Omah Petruk Sleman

omah petruk sleman

Omah Petruk Sleman

Omah Petruk Sleman, destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Karang Kletak, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Sebuah destinasi rumah budaya kali ini berlokasi tak jauh dari kawasan Wisata Kaliurang Merapi. Disebut rumah budaya tak lain dikarenakan disini banyak terdapat patung keberagaman. Dan jga loksi ini kerap dijadikan untuk pertunjukan budaya.

Terdapat rumah Joglo yang dikelilingi pepohonan hijau, memasuki kawasan Omah Petruk Sleman ini kalian akan disapa dengan sepasang kaki patung yang berdiri menjulang tinggi ditepian jalan. Selanjutnya kalian juga akan menemukan sebuah patung banteng yang terbuat dari lempengan seng. Detailnya patung banteng ini menjadikan daya tarik tersendiri oleh para pengunjung.

Terdapat 2 rumah berbentuk Joglo di kawasan ini. yang pertama kalian akan disambut oleh 2 patung seorang laki-laki dewasa dan anak kecil, berdiri di teras depan rumah joglo. Patung ini banyak menjadi pusat perhatian para pengunjungnya karena patung anak kecil tersebut hanya mengenakan kaos dan terlihat pusar serta kelaminnya.

Saat masuk ke dalam lagi kalian akan menemukan sebuah patung seorang wanita yang setengah bugil dengan perut membesar sembari berbaring. Sungguh karya seni yang tentu memiliki sebuah makna tersendiri bagi siapapun yang memandangnya.

Berjalan ke sisi rumah kalian akan melihat topeng-topeng yang berjejeran dan tersusun pada tembok batu. Sekitar delapan jenis topeng muka terpampang di sini. Beralih ke belakang Joglo, terdapat patung perempuan yang setengah bugil dengan tangan menengadah. Uniknya lagi patung ini terlihat nampak bagian atas (payudara) perempuan yang berjumlah banyak.

Sungguh sebuah destinasi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan, dimana karya seni begitu kental disini. Konsep yang disuguhkan pun begitu istimewa karena merupakan wahana tanpa sekap dan menyatu dengan alam. Masih terdapat banyak karya karya seni patung yang disuguhkan di Omah Petruk Sleman. Ke Jogja jangan sampai melewatkan Wisata yang satu ini yaa…

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *