Museum Ullen Sentalu Kaliurang

museum ullen sentalu

Museum Ullen Sentalu Kaliurang

Museum Ullen Sentalu Kaliurang, Siapa mengira, di antara kedamaian dan kesejukan lereng Merapi berdiri sebuah museum yang juga merupakan salah satu museum terbaik Indonesia. Museum Ullen Sentalu, itulah nama yang terpampang di depan kawasan wisata ini. Terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, Museum Ullen Sentalu menyimpan berbagai aneka koleksi yang menawan mengenai budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram.

Menginjakan kaki di Museum Ullen Sentalu ini wisatawan akan disambut dengan hawa sejuk yang berkisar antara 15 – 25 derajat celcius. Suasana yang tenang dan hening menyatu dengan alam pegunungan semakin menambah damai suasana. Arsitektur vernakular menyatu dengan alam yang juga dikelilingi rimbun pepohonan menjadi tempat yang asyik untuk mengambil potret gambar.

Sebagai salah satu museum terbaik, tentu saja layanan serta tata kelola di Museum Ullen Sentalu ini terbilang prima. Setiap wisatawan yang mengunjungi Museum Ullen Sentalu akan dipand dan ditemani oleh seorang pemandu berpengalaman yang menjelaskan secara rinci mengenai isi museum.

Koleksi museum disini dibagi dalam beberapa ruang. Yang pertama adalah Ruang Seni dan Gamelan yang menyimpan seperangkat koleksi gamelan didalamnya. Selanjutnya ada Guwo Selo Giri yang menjadi ruang pamer lukisan tokoh-tokoh yang mewakili 4 figur Dinasti Mataram. Kampung Kambang terbagi menjadi 5 ruang pamer yang mempertontonkan koleksi seperti batik, syair, hingga album hidup GRKay. Siti Nurul Kusumawardhani. Dan yang terakhir adalah Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdoor.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *