Minuman Khas Kota Jogja

es semlo khas jogja

Minuman Khas Kota Jogja

Minuman Khas Kota Jogja, wow ternyata Jogja tak hanya menyuguhkan makanan khas yang bikin ngiler loh seperti Gudeg, Bakpia Pathok, Geplak dll namun Jogja juga memiliki Minuman Khas yang bakalan bikin Nagggiihhh loh. Minuman-minuman ini bakal kalian temuin saat kalian tengah jalan-jalan santai di Jogja loh mudah dapetinya kok. Soal harga gak perlu ditanya ya yang pasti gak bakal bikin kantong kalian kering heheh berikut minuman khas jogja yang nampoll abis dan selalu dirindukan keberadaanya.

  1. Wedhang Ronde
    Paling pas wedang ini disruput saat malam hari nih bakal bikin anget seluruh badan loh, ditengah udara dingin Jogja yang menerpa tubuh kalian. Sebenarnya Wedhang Ronde ini bisa dikatakan bukan khas Jogja ya karna merupakan perpaduan dari kuliner Tionghoa dan juga Indonesia yang diracik ulang sesuai dengan lidah orang Jogja.
  2. Bir Plethok
    Sekilas juka didengr nama Minuman Bir Plethok ini akan disangkutkan dengan minuman beralcohol yaa. Minuman yang satu ini pun sebenarnya sudah ada di masa kerajaan Sultan Hamengkubuwono VII atau sekitar tahun 1930. Sultan yang saat itu sangat tertarik dengan kebiasaan penjajah Belanda yang Minuman Bir untuk menghangatkan badan.
  3. Wedhang Uwuh
    Minuman dengan full rempah-rempah yang dikeringkan lalu diseduh dengan air mendidih ini nampak kelihatan seperti uwuh atau yang dalam bahasa Indonesia berarti sampah, namun sampah disini diartikan dengan banyaknya rempah-rempah yang ada di minumanya loh.
  4. Rujak Es Krim
    Ahh… ini cocok banget dinikmati siang-siang di Jogja ya guysss… gak kebayang gimana segernya setelah berpanas-panas ria berkeliling Kota Pelajar ini terus menikmati seporsi Rujak Es Krim yang terkesan asem, manis, dingin seger pastinya.
  5. Es Semlo
    Pernah mencoba atau baru pertama kali mendengarnya??? Terkesan tak banyak diketahui ya nama dari Minuman Khas Kota Jogja yang satu ini yah memang karna Es Semlo ini jarang ditemukan di pinggir jalan Jogja. Namun taukah kalian bahwa Es Semlo sendiri merupakan salah satu minuman favorit Sultan Hamengkubuwono IX dan menjadi ciri khas Kraton Yogyakarta.

Nah itu dia guys, beberapa Minuman Khas Kota Jogja yang wajib banget kalian nikmatin dan rasakan ketika berada di Kota Jogja.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *