Masjid Agung Jawa Tengah

masjid agung semarang

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah, Terletak di Kabupaten Semarang, Jaw Tengah. Masjid yang dibangun sejak tahun 2001 ini  berdiri di atas lahan 10 hektare. Masjid yang diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006 lalu ini merupakan masjid provinsi bagi provinsi Jawa Tengah.

Masjid Agung Jawa Tengah ini dirancang dalam gaya arsitektural antara Jawa, Islam dan Romawi. Masjid yang diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta sangatlah indah hasilnya , bangunan utama masjid ini beratap limas khas bangunan Jawa. Tetapi dibagian ujung Masjid dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter, terdapat 4 menara yang masing masing memiliki tinggi 62 meter.Dibangun sebagai Masjid Universal Islam, Masjid ini memiliki bangunan menara yang terpisah setinggi 99 meter.

Selain disiapkan sebagai tempat ibadah, masjid Agung Jawa Tengah ini juga dipersiapkan sebagai objek wisata religius di Jawa Tengah. Masjid Agung inipun dilengkapi dengan wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar berbagai kelas untuk menunjang tujuan tersebut sehingga para peziarah yang ingin bermalam bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

Yang menjadi Daya Tarik lain dari Masjid Agung ini adalah Menara Al Husna atau Al Husna Tower yang tingginya 99 meter. Keindahan yang akan membuat kita selalu memuji dan terpukau, didasar menara ini terdapat Studio Radio Dais (Dakwah Islam) dan pemancar TVKU. Lalu di lantai 2 dan 3 terdapat  Museum Kebudayaan Islam, di lantai 18 terdapat Kafe Muslim yang bisa berputar hingga 360 derajat. Dan lantai 19 digunakan untuk menara pandang yang dilengkapi 5 teropong yang bisa melihat kota Semarang.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *