Kuliner Enthung Uler Jati Khas Jogja

ungkrung ulat jati

Kuliner Enthung Uler Jati Khas Jogja

Kuliner Enthung Uler Jati Khas Jogja, banyak orang yang menyebiutnya dengan kata Enthung Uler Jati yang dalam bahasa Indonesia adalah Kepompong Ulat jati, ada juga yang menyebutnya dengan nama Ungkrung dan Ungker. makanan yang terbilang Exstrim dan dapat dijumpai di daerah Jogja tepatnya di Gunung Kidul setiap musim penghujan ini memanglah dilihgat tak layak untuk dikonsumsi, namun jangan salah di tangan para masyarakat Gunung Kidul ungkrung disulapnya menjadi sosok makanan yang sangat lezat.

pada saat musim penghujan tiba biasanya daun pohon jati ini akan berguguran digantikan dengan yang baru, saat gugur biasanya diikuti dengan adanya Ungkrung (Ulat jati) yang hampir disemua daunya akan dimakan oleh ulat-ulat ini. Nah pada saat oitu saatnya para pemburu Ungkrung akan berburu ungkrung di kebun-kebun pohon jati. Makanan Exstrim yang hanya dapat dijumpai setahun sekali ini memiliki ciri khas yaitu bentuk dari ulatnya bewarna hitam dengan bulu-bulu kecil yang berada di tubuhnya. Sedangkan kepongpongnya bewarna coklat kemerahan.

Meskipun terlinat mengerikan atau menjijikan ternyata peminat olahan Ungkrung ini banyak loh, kehadiranya selalu dinantikan para penggemarnya. Ungkrung Uler Jati yang ternyata  kaya akan gizi yang terkandung di dalamnya seperti Kandungan nutrisi ulat daun jati berupa ptotein, karbohidrat, mineral, vitamin, serta lemak nya lah yang menjadikan banyak orang suka menyantap hidangan ini.

Tak hanya itu rasanya yang lezat dan banyak dicari inilah yang menjadikan harga dari olahan ungkrung ini cukup fantastis sekitar 80k – 120k per kilonya loh, hmmmm cukup mahal juga ya ternyata. Gurih, manis dan renyahnya Ungkrung ini hampir sama dengan makanan exstrim lainya seperti Walang yang juga sangat khas dan identik Gunung Kidul, Yogyakarta. Namun karna Kuliner Enthung Uler Jati Khas Jogja ini adalah hewan musiman jadi yang membedakan dengan walang tak heran harganya yang terbilang mahal.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *