Kue Kipo Khas Kotagede Jogja

Kipo Jajanan Khas Jogja

Kue Kipo Khas Kotagede Jogja

Kue Kipo Khas Kotagede Jogja, ada satu nih jajanan khas Jogja yang Langka dan Istimewa tentunya. Jika berkunjung di Jogja mungkin kalian hanya mengetahui jajanan atau makanan khas Jogja seperti Gudeg, Bakpia Pathok, Yangko ataupun Geplak yaa. Namun taukan kalian bahwa ada satu mkanan khas Jogja yang hampir Langka dan hanya bisa dengan mudah kalian temukan di Pasar-pasar Tradisional Jogja namanya Kue Kipo.

Apasih Kue Kipo itu?? Kipo sendiri merupakan sebuah makanan khas dan asli Kotagede Yogyakarta, makanan yang satu ini sudah ada sejak masa Kerajaan Mataram Islam dan Mataram Kuno. Makanan yang hampir menghilang seiring dengan runtuhnya kebudayaan Kerajaan ini mulai dibangkitkan dan dikenal kan kembali pada tahun 80an oleh seorang bernama Paijem Djito Suhardjo.

Nama Kue Kipo sendiri diberikan karena pada awalnya banyak yang mempertanyakan kue kecil-kecil ini dengan sebutan “iki opo” (ini apa) yang akhirnya disebutkan untuk makanan ini dengan nama Kue Kipo. Kue yang berbentuk lonjong dengan tekstur kenyal dan warna yang kehijauan ini sangatlah menarik dengan isian kelapa parut dan gula jawa cair.

Saat ini Kue Kipo Khas Kotagede Jogja sendiri merupakan sebuah jajanan langka, dan mungkin jarang ditemui. Jika kalian tengah berada di Jogja tepatnya di Kota yang mendapat Julukan Kota Perak ini tak ada salahnya untuk berburu kuliner yang satu ini yaitu Kue Kipo, Jajanan Nusantara yang lezat ini patut kalian cicipi jika tengah berada di Jogja ya guys. Harganya yang murah dan terjangkau dijamin deh gak bakal bikin kantong kalian terkuras.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *