Keunikan Gerabah Bayat

gerabah bayat

Keunikan Gerabah Bayat

Keunikan Gerabah Bayat.

Bayat merupakan nama sebuah Kecamatan yang terdapat di daerah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Salah satu Dusun di Bayat yaitu bernama Pager Jurang, telah terkenal sebagai pusat Gerabah. Gerabah hasil buatan warga Bayat ini kebanyakan untuk keperluan sehari-hari seperti mangkuk, gelas, teko air, pot sampai meja kursi.

Lokasi sentra kerajinan Gerabah Bayat ini berada sekitar 15 KM di selatan Kota Klaten. Di wilayah seluas kurang lebih 300M2 di Bayat ini terdapat 70an perajin Gerabah dan Keramik. Mereka para perajin menggantungkan matapencahariannya dari aneka kerajinan yang berbahan dasar tanah liat tersebut.

Yang unik di Bayat, para perajin membuat Gerabahnya dilakukan secara miring disebelahnya, hal ini dikarenakan pembuatan Gerabah di Bayat memiliki sejarah yang menarik. Dulu, kebanyakan perajin Gerabah dilakukan oleh kaum ibu-ibu. Pakaian zaman dahulu para ibu-ibu inoi berupa kebaya dan jarik. Nah, ibu-ibu malu apabila harus memutar perbot seperti kaum laki-laki, maka dari itu dibuatlah perbot khusus untuk mereka.

Ternyata teknik ini juga memudahkan pekerjaan mereka. Dengan teknik pembuatan Gerabah yang dilakukan dengan putaran miring ini akan menciptakan hasil Gerabah yang berbentuk tipis dan kecil. Keunikan dengan teknik miring ini juga menjadi daya tarik peneliti dari luar negeri untuk melakukan penelitian.

Bagi kamu yang berkunjung ke Desa sentra Gerabah ini, bukan hanya bisa ikut belajar untuk membuat Gerabah secara langsung. Kamu juga dapat membawa pulang sebagai souvenir, bukan hanya itu kamu juga dapat melihat langsung proses pembuatan mulai dari menyiapkan tanah liat,gerabah mentah, penjemuran hingga proses pembakaran dan finishing.

Keunikan Gerabah Bayat ini ialah dibuat secara sealami mungkin tanpa menggunakan bahan tambahan zat kimia. Proses alami pembuatan Gerabah Bayat ini menjadikan Gerabah aman untuk digunakan memasak dan tempat sajian makanan dan minuman.

Share this post

Comments (2)

  • Dayu Suharjo Reply

    Assalamualaikum. Kalau mau pesan untuk wilayah Jakarta bagaimana ya. Berapa nomer telp yg bisa dihubungi. Terimakasih

    July 5, 2017 at 9:08 am
    • Risty Reply

      chat by wa ya pak 082266008890

      July 27, 2017 at 10:59 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *