Kerajinan Perak Yogyakarta

kerajinan perak kotagede jogja

Kerajinan Perak Yogyakarta

Kerajinan Perak Yogyakarta, para wisatawan pasti sudah tak asing lagi dengan berbagai kerajinan perak yang berada di sudut kota Jogja ini. Kotagede, nah kotagede sendiri merupakan nama salah satu Kota di Jogja yang sebagian besar masyarakatntya bermata pencaharian sebagai perajin Perak. Namun ada hal yang unik di Kotagede ini, kenapa daerah Jogja yang satu ini terkenal akan kerajinan Peraknya padahal sama sekali daerah disini tidak terdapat tambang Perak.

Ternyata usut punya usut Kotagede ini memiliki kualitas seni dari perak. Meskipun harga perak per gram mungkin tak seberapa, namun setelah disentuh oleh para pengrajin perak disini akan berubah menjadi sebuah mahakarya yang berkali-kali lipat harganya dari bahan mentahnya loh. Para wisatawan yang doyan berbelanja pun tak melewatkan untuk mengunjungi daerah di Jogja yang satu ini.

Hampir di setiap sudut Kotagede ini dari pasar kotagede hingga Masjid Agung dan bekas Istana Mataram Islam terdapat pengrajin Perak. Ciri dari kerajinan Perak di Kotagede ini adalah kontras dan embos yang dihasilkan dari perpaduan warna putih bersih dan warna hitam pada setiap bagian desain perhiasan yang dihasilkan. Lokasinya yang juga mudah dijangkau dengan bus, taxi atupun mobil. Dapat juga jika ingin merasakan transportasi tradisional dapat mencoba transportasi seperti andong ataupun becak.

Berbagai kerajinan Perak seperti perhiasan, mangkok, gelang dan lainya menjadi ciri khas kecantikan di sini. soal harga gak usah ditanya pastinya sangat relatif kok.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *