Kerajinan Kulit Manding

kawasan manding

Kerajinan Kulit Manding

Kerajinan Kulit Manding, Manding merupakan sentra desa wisata kerajinan kulit di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Ada sekitar 40 usaha kulit tradisional yang dikerjakan oleh ratusan warga sekitar.Kawasan manding ini bisa disamakan dengan kawasan Cibaduyut di Bandung, Jawa Barat loh.

Desa Wisata kerajinan kulit Manding ini berada dipersimpangan Jl. Parangtritis Km. 11 atau tepatnya di Jl. DR. Wahidin Sudiro Husono, Manding, Sabdodadi, Bantul. Kawasan ini bisa ditempuh dengan jarak 15 Km di pusat Kota Jogja kearah Parangtritis.

Di Kawasan mandin g ini ada sekitar 40an showroom-showroom yang tersebar menjual aneka produk dari Kerajinan Kulit dengan memperdayakan warga setempat sebagai pekerjanya. Showroom disini letaknya berdekatan sehingga para pembeli atau pengunjung dapat mengunjunginya hanya dengan berjalan kaki.

Berbagai produk yang dihasilkan di kawasan Manding ini seperti Jaket, Sepatu, Sandal, Dompet, Tas dan aksesoris lainya yang berbahan dari kulit seperti figura dan gantungan kunci. Kebanyakan produk yang berasal dari Manding ini masih terbuat dari kulit sapi yang merupakan produksi rumahan. Jadi untuk membeli barang dari sini anda bisa tawar-menawart terlebih dahulu. Karena memang barang disini bisa lebih murah lagi harganya.

Kerajinan Kulit Manding memang banyak diburu para wisatawan yang sedang berklunjung di Jogja karena memang harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga-harga produk serupa di mall. Yang istimewa, produk Manding ini adalah kualitasnya yang bagus sehingga bisa awet atau tahan lama. Pembelipun dapat memesan barang sesuai dengan keinginan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *