Kampung Sosrokusuman Yogyakarta

Kampung Sosrokusuman Yogyakarta

Kampung Sosrokusuman Yogyakarta.

Kampung Sosrokusuman ternyata bukan hanya penyedia penginapan terjangkau bagi para wisatawan. Kampung yang menghubungkan antara Jalan Malioboro dan Jalan Mataram ini ternyata juga memiliki pesona lain seperti wayang kancil, mural dan pusat oleh-oleh. Sebuah nuansa kampung yang berdampingan dengan nuansa kota metropolitan dapat kalian dijumpai di Kampung Sosrokusuman.

Dengan bangunan yang berdekatan, keakraban antar warga serta warung-warung kecil gaya kampung tengah kota persis bersebelahan dengan kemewahandan keapikan Malioboro Mall ini terletak di jantung kota Yogyakarta, kampung Sosrokusuman  sudah sejak lama menjadi pilihan atau tujuan persinggahan wisatawan yang mengunjungi kota wisata kedua di Indonesia ini.

Kampung yang membentang ke arah selatan dari Malioboro Mall hingga Hotel Mutiara ini ditandai dengan sebuah gapura sederhana yang bagian atasnya berbentuk lengkung, menjadikan tanda bahwa kalian telah memasuki wilayah kampung ini. Untuk memasuki wilayah kampung ini, kalian dapat melewati 2 gang. Gang pertama persis terletak di sebelah Malioboro Mall dan gang yang kedua dapat ditemui jika berjalan ke selatan lagi.

Di kampung Sosrokusuman kalian dapat bertemu dengan seorang pegiat wayang kancil (jenis kesenian wayang yang awalnya merupakan salah satu serat yang ditulis di Surakarta untuk pengembangan agama Islam), yaitu Ledjar Subroto. Tokoh-tokoh wayang kancil yang diciptakannya kini telah diabadikan di Taman Mini Indonesia Indah dan juga merambah negara asing, seperti Belanda, Jerman, Amerika, Jepang, dan Australia. Diberbagai pementasan wayang kancil yang pernah digelar di banyak negara pun melibatkan Ledjar sebagai konseptornya. Bahkan, wayang kancil yang dikembangkan oleh pria asal Bondowoso telah menjadi kurikulum pendidikan di banyak negara dan dipergunakan untuk menanamkan budi pekerti.

Bentuk kesenian lain yang dapat kalian nikmati di Sosrokusuman adalah mural yang ada di beberapa bagian tembok gang kedua kampung ini. Seni rupa tersebut memberi nuansa berbeda dibanding kampung-kampung lain. Jika masih belum puas menikmati mural di dalam kampung ini, kalian juga dapat melihat mural lain di sebelah utara Malioboro Mall. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Sosrokusuman yang bukan hanya sekedar tempat strategis untuk memulai wisata bukan?

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *