Kampung Batik Giriloyo

batik giriloyo jogja

Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo.
Berkunjung ke Jogja, pasti yang terlintas di pikiran pertama kali ialah ingin mengunjungi wisata-wisatanya yang terkenal indah berpadu dengan alamnya. Namun taukah kalian Yogyakarta terkenal dengan kekeyaan wisata budayanya, salah satunya ya itu Batik Tulisnya yang sudah diakui Dunia. Apalagi Yogyakarta ini sudah ditetapkan UNESCO sebagai Kota Batik Dunia.

Kali ini cobalah kalian berkunjung ke Desa Wisata Batik Yogyakarta yang berada di kecamatan Imogiri tepatnya di Dusun Giriloyo, Wukirsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.Disini kalian akan menemukan unsur budaya yang sangat kental dimana semua warganya berprofesi sama yaitu sebagai Perajin batik Tulis Yogyakarta.

Ternyata disinilah  asal muasal batik-batik yang banyak kita jumpai ditoko-toko batik Yogyakarta. Semua warga disini memproduksi batik tradisional dengan motif yang dihasilkan pun beragam terutama motif batik Yogyakarta yang klasik yakni motif batik Keraton Yogyakarta seperti Sido Mukti, Sido Luhur, Truntum, Sekar Jagat dan masih banyak lainya.

batik giriloyo jogja 2

batik giriloyo jogja 2

Suasana pedesaan yang masih terasa sekali disini ditambah dengan keindahan alamnya menjadikan wisata ini banyak diminati oleh para wisatawan lokal maupun luar negeri.

Proses membatik yang hampir disemua rumah ataupun sanggar dilakukan mayoritas kaum wanita. Maka tak jarang ketika kalian disini kalian akan mendapati banyak ntengkulak yang membeli Batik di kampung ini. Para wisatawan pun dapat membeli secara langsung batik yang ada di wisata batik yogyakarta ini.

Jadi bagi kalian yang ingin berwisata ke Kampung Batik Giriloyo yang menjadi Icon desa wisata Batik Yogyakarta, disini juga menawarkan paket wisata batik untuk kalian yang ingin belajar membatik secara singkat.

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *