Kalau Wisata Pantai Terlalu Mainstream, Coba deh 4 Wisata Air Panas Terkenal Ini

Kalau Wisata Pantai Terlalu Mainstream, Coba deh 4 Wisata Air Panas Terkenal Ini

Indonesia adalah negara dengan potensi wisata yang luar biasa berbagai tempat di indonesia yang mampu menarik para jutaan wisatawan baik dari dalam negeri maupun yang datang jauh-jauh dari mancanegara. Keindahan alam di indonesia seperti pantai, gunung, danau dan berbagai tempat lainnya seperti maghnet bagi para wisatawan. Salah satu jenis objek di Indonesia yang menarik namun belum terlalu banyak terekspose adalah wisata air panas.

Objek wisata air panas ini sebenarnya terdapat di berbagai daerah Indonesia. Nah, berikut ini daftar tempat wisata air panas yang bisa kamu jadikan tempat untuk melepas lelah.

Wisata Air Panas Guci, Tegal

Obyek wisata air panas Guci ini terletak 30 km dari kota Selawi atau 40 km dari selatan kota Tegal, tepatnya di dsa. Guci, Kec. Bumijawa, Tegal. Obyek wisata iar panas ini berada tepat di bawak kaki gunung Slamet.

Di dalam objek wisata guci terdapat pemandian umum pancuran 13. Selain itu, kamu juga bisa pergi ke pancuran 7 dan air terjun alami. Pancuran-pancuran yang ada disini dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti diantara, pegal-pegal, rematik, penyakit kulit, dan merelaksaikan otot-otot yang kaku.

Di kompek wisata Guci ada 10 air terjun yang cantik dengan ketinggian dan debit air yang bervariatif, salah satunya air terjun Jedor yang memiliki ketinggian 15 meter. Dekat air tejun ini, ada 13 pancuran air panas yang menjadi tempat favorit untuk mandi bagi para wisatawan.

Buat kamu yang ingin menulusi seluruh titik obyek wisata Guci, kamu bisa menyewa kuda dengan harga sewa yang relatif ekonomis. Adapun fasilitas yang  ada disini, yaitu; kolam renang air panas, wisata hutan, lapangan sepak bola, lapangan tennis, dan tempat penginapan dan bumi perkemahan.

Mata Air Panas Bajar, Bali

Pantai di pulau Bali memang sudah mendunia, banyak wisatawan yang rela terbang jauh-jauh ke Bali untuk menikmati keindahannya. Namun, tahukah kamu jika di Bali memiliki objek wisata air panas yang tak kalah menakjubkan.

Air panas Banjar terletak di dsa. Banjar, Kec. Banjar, Bali. Lokasinya kurang lebih 5 km sebelah barat pantai Lovina yang terkenal itu.

Air panas Banjar juga memiliki keindahan yang mampu memikat para wisatawan dunia. Susana lokasi Air Panas Banjar sangat sejuk dan asri, karena komplek air  panas ini di kelilingi oleh pepohonan rindang dan taman yang sangat indah. Di dekat air panas Banjar, terdapat sebuah sungai kecil yang jernih. Sumber air panas Banjar diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Pada jaman pendudukan Jepang, sumber air panas ini digunakan sebagai rekreasi dan penyembuhan kulit. Karena air panas Banjar mengandung belerang.

Air panas yang muncul dari bebukitan sempat dibuat bertingkat. Kolam paling atas digunakan untuk berendam dengan 8 pancuran naga, kedalaman kolam ini sekitar 50cm dimana pengunjung bisa menikmati air panas dengan duduk berendam sambil menikmati pijatan air pancuran. Kolam kedua merupakan kolam besar untuk berenang. Pada kolam ini terdapat 5 pancuran, pengunjung bisa memilih sekedar duduk berendam atau berenang di kolam ini. Pada kolam terakhir ada 3 pancuran air dengan ketinggian 3,5 meter. Derasnay air pancuran yang jatuh mengenai tubuh membuat tubuh seperti dipjit dan membuat otot-otot yang kaku menjadi rileks.

Wisata Air Panas Mangeruda, Flores

Wisata air panas ini terletak di Nusa Tenggara Timur, di Dsa. Piga, Kec. Soa, Kab. Ngada. Tempat ini merupakan destinasi wisata favorit yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan ketika berlibur ke Flores. Di samping pemandangan alamnya yang menawan, disini juga menawarkan tempat pemandian air panas dengan sumber mata air langsung dari lereng gunung.

Tempat pemandian air panas Mangeruda terletak pada ketinggian kurang lebih 1000mdpl. Pada awalnya, pemandian air panas ini adalah tempat para petani maupun masyarakat lokal berendam atau sekedar membersihkan diri setelah seharian bekerja di kebun. Kemudian oleh pemerintah setempat di fasilitasi dengan bangunan pelengkap selayaknya dengan pemandian komersil dengan sarana yang cukup memadai.

Sumber air paans ini dalam kondisi normal memiliki suhu rata-rata 20-40 derajat celcius. Dengan kucuran yang memiliki debit air tinggi, pemandian air panas ini memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh tempat wisata pemandian air panas lainnya. Soalnya, sumber air panas disini berasal dari sebuah kolam dan mengalir ke sungai utama dengan bebatuan yang cukup tinggi sehingga tampak seperti air terjun.

Sudah bukan rahasia lagi jika air yang memiliki kadar belerang di ata rata-rata ini adalah obat kulit yang mujarab. Air panas beraroma belerang ini tak lain adalah akibat sebuah kegitan vulkanik yang berada di bawah perut bumi.

Tirta Tapta Permali, Bangka Belitung

Objek wisata yang satu ini merupakan aset wisata pantai yang terletak di Dsa. Permali, Kec. Permali, Bangka, sekitar 20m dari kota Sungai Liat. Lokasi sumber air panas di permali pertama kali ditemukan pada jaman kolonial Belanda. Air panas disini berasal dari air tanah aktif yang mengeluarkan belerang. Ini membuatnya sangat cocok bagi wisatawan datang untuk tujuan kesehatan atau sekedar menghilangkan pegal-pegal dengan cara berendam di kolam air yang sudah disediakan.

Pemandian air panas Tirta Panas Permali merupakan wisata unggulan kabupaten Bangka. Selain kolam untuk berendam, kamu juga akan dimanjakan oleh fasilitas seperti kolam air panas dan ruang bilas. Pemandian ini juga memiliki koleksi rusa totol yang didatangkan alngsunf dari Istana negara. Beberapa fasilitas lainnya yaitu; panggung Maksima, Taman Keluarga, Taman Anggrek dan Taman Mini Zoo.

Di kawasan ini juga terdapat danau kecil yang indah. Selain itu, ada juga plaza yang bisa digunakan untuk berbagai aktifitas. Ada juga pemancingan dan waterboom yang merupakan satu-satunya di Bangka Belitung. Buat kamu yang lapar tidak perlu khawatir, karena ada sejumlah restoran yang di taman hiburan keluarga yang bisa kamu jadikan pilihan saat lapar.

Demikinlah informasi mengenai objek wisata air panas yang begitu menggoda di Indonesia. Semoga informasi ini bisa memberi manfaat. Btw, tertarik untuk menyambanginya? Selamat jalan-jalan. Selamat liburan. Tetap jaga kebersihan ya…

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *